Pengertian Pemimpin Dan Kepemimpinan Terlahir Atau Terbentuk

Pengertian Pemimpin Dan Kepemimpinan
Kepemimpinan

Pemimpin Dan Kepemimpinan Terlahir Atau Terbentuk

Di dunia ini pastinya setiap makhluk hidup banyak yang membentuk koloni atau memndirikan sebuah kelompok yang pastinya akan memiliki pemimpin. Sebagai contoh semut mempunyai ratu, tawon atau lebah mempunyai ratu juga sebagai pemimpin, bekantan, gajah, singa dan masih banyak lagi. Kemana pun pemimpinnya itu pergi, para para pengikutnya pun akan selalu mengikuti kemana pun pemipinnya pergi.

Nampaknya pemimpin itu memang memiliki kodrat alam yang telah diciptakan dan dititahan kepada makhluk yang berkelompok oleh Tuhan sama halnya manusia. Manusia yang hidup berkelompok pun pastinya akan membutuhkan figur seorang pemimpin. Karena sejak darai zaman purba tokoh pemimpin pun telah ada seiring dengan kehidupan berkelompok manusia itu sendiri.

Pemimpin Dan Kepemimpinan Terlahir Atau Terbentuk

Dalam berbagai macam konsep pemimpin juga dibutuhkan baik itu dalam agama, feodalisme (monarki), kapitalisme, atau pun bahkan sosialisme. Dalam dunia islam kita tentunya mengenal kalifah, dalam sistem monarki juga pasti ada raja atau ratu yang memuncaki tahta,

Sebenarnaya apakah itu pengertian pemimpin untuk itu kita perlu memahami makna pemimpin ini dari berbagai sumber.

Artikel terkait: 8 Teori Gaya Kepemimpinan Yang Paling Terkenal

Pengertian pemimpin menurut para ahli dan beberapa kamus modern diantaranya :

1. Ahmad Rusli

Dalam kertas kerjanya Pemimpin Dalam Kepimpinan Pendidikan (1999)

Menyatakan pemimpin adalah individu manusia yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) ke arah mencapai matlamat yang ditetapkan.

2. Miftha Thoha

Dalam bukunya Prilaku Organisasi (1983 : 255)

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

3. Kartini Kartono (1994 . 33)

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kclebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.

4. C. N. Cooley (1902)

Pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan, dan pada kesempatan lain, semua gerakan sosial kalau diamati secara cermat akan akan ditemukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.

5. Henry Pratt Faiechild Dalam Kartini Kartono (1994 : 33)

Pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi. Dalam pengertian yang terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.

6. Sam Walton

Pemimpin besar akan berusaha menanamkan rasa percaya diri pada para pendukung. Jika orang memiliki percaya diri tinggi, maka kita akan terkejut pada hasil luar biasa yang akan mereka raih.

7. Ahmad Rusli

Dalam kertas kerjanya Pemimpin Dalam Kepimpinan Pendidikan (1999)

Pemimpin adalah individu manusia yang diamanahkan memimpin subordinat (pengikutnya) ke arah mencapai matlamat yang ditetapkan.

8. Rosalynn Carter

“Seorang pemimpin biasa membawa orang lain ke tempat yang ingin mereka tuju”. Seorang pemimpin yang luar biasa membawa para pendukung ke tempat yang mungkin tidak ingin mereka tuju, tetapi yang harus mereka tuju.

9. John Gage Allee 

“Leader…a guide;a conductor; a commander”(pemimpin itu ialah pemandu, penunjuk, penuntun; komandan).

10. Jim Collin

Mendefinisikan pemimpin memiliki beberapa tingkatan, terendah adalah pemimipin yang andal, kemudian pemimpin yang menjadi bagian dalam tim, lalu pemimpin yang memiliki visi, tingkat yang paling tinggi adalah pemimpin yang bekerja bukan berdasarkan ego pribadi, tetapi untuk kebaikan organisasi dan bawahannya.

11. Modern Dictionary Of Sociology (1996)

Pemimpin (leader) adalah seseorang yang menempati peranan sentral atau posisi dominan dan pengaruh dalam kelompok (a person who occupies a central role or position of dominance and influence in a group).

12. C.N. Cooley dalam ” The Man Nature and the Social Order”.

Pemimpin itu selalu merupakan titik pusat dari suatu kecenderungan, dan sebaliknya, semua gerakan sosial, kalau diamat-amati secara cermat, akan ditemukan didalamnya kecenderungan-kecenderungan yang mempunyai titik pusat.

13. I. Redl dalam “Group Emotion and Leadership”.

Pemimpin adalah seorang yang menjadi titik pusat yang mengintegrasikan kelompok.

14. J.I. Brown

Dalam ” Psychology and the Social Order”.

Pemimpin tidak dapat dipisahkan dengan kelompok, tetapi dapat dipandang sebagai suatu posisi yang memiliki potensi yang tinggi dibidangnya.

15. Kenry Pratt Fairchild

Dalam “Dictionary of Sociologi and Related Sciences”.

Pemimpin dapat dibedakan dalam 2 arti :

  • Pemimpin arti luas, seorang yang memimpin dengan cara mengambil inisiatif tingkah laku masyarakat secara mengarahkan, mengorganisir atau mengawasi usaha-usaha orang lain baik atas dasar prestasi, kekuasaan atau kedudukan.
  • Pemimpin arti sempit, seseorang yang memimpin dengan alat-alat yang menyakinkan, sehingga para pengikut menerimanya secara suka rela.

16. Dr. Phil. Astrid S. Susanto 

Pemimpin adalah orang yang dianggap mempunyai pengaruh terhadap sekelompok orang banyak.

17. Ensiklopedia Administrasi 

(disusun oleh staf Dosen Balai Pembinaan Administrasi Universitas Gadjah Mada)

Pemimpin (Leader) adalah orang yang melakukan kegiatan atau proses mempengaruhi orang lain dalam suatu situasi tertentu, melalui proses komunikasi, yang diarahkan guna mencapai tujuan/tujuan-tujuan tertentu.

Baca juga: Apa Pengertian Kepemimpinan Demokratis?

Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi individu dan/atau sekelompok orang lain untuk bekerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan. Selalu ada perdebatan memang antara asal-usul pemimpin ini. Secara umum pemimpin dapat diklarifikasi kedalam dua kelompok besar, yaitu kolompok yang menganut teori bahwa pemimpin dilahirkan dan dipersiapkan oleh tuhan; sedangkan yang lain beranggapan bahwa pemimpin dapat dibentuk, dengan ditempa dan diarahkan sejak dini melalui proses pematangan diri.

Demikian artikel ini tentang pemimpin dan kepemimpinan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda dan memberikan fererensi yang berguna. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi informasi yang bermanfaat dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses utnuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi adalah hal yang pasti akan dilakukan setiap saat dan dimanapun kita berada saat berjumpa dengan orang lain. Dalam komunikasi tersebut pasti ada yang berbicara dan …

Kepemimpinan
Kriteria Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Yang Ideal

Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi Pengertian kepemimpinan (leadership) adalah suatu proses mempengaruhi atau memberikan contoh kepada orang lain (pengikutnya) untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok yang telah ditetapkan. Kepemimpinan sendiri mengacu pada cara, kemampuan, sifat-sifat kepribadian, seni, teknik, dan atau metode dalam mempengaruhi orang lain supaya mereka mau diarahkan untuk …

Kepemimpinan
9 Rahasia Pembuatan Keputusan Bisnis yang Hebat

Rahasia Pembuatan Keputusan yang Hebat Sebagai pemiliki bisnis atau usaha tentu sering kali dihadapkan dengan sebuah keputusan yang akan berpengaruh pada bisnsinya. Walaupun itu sebuah keputusan yang kecil namun bisa jadi akan berdampak yang lebih besar nantinya pada perusahaan yang dipimpin. Dalam hal ini seorang pemimpin akan sering dihadapkan pada …