Pengertian Social Entrepreneur Dan Social Entrepreneurship

Pengertian Social Entrepreneur Dan Social Entrepreneurship

Apa itu Social Entrepreneur?

Social Entrepreneur atau Wirausahawan sosial mendorong inovasi sosial dan transformasi di berbagai bidang termasuk pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pengembangan usaha. Mereka mengejar tujuan pengentasan kemiskinan dengan semangat kewirausahaan, metode bisnis dan keberanian untuk berinovasi dan mengatasi praktek-praktek tradisional. Seorang pengusaha sosial, mirip dengan seorang pengusaha bisnis, membangun organisasi yang kuat dan berkelanjutan, yang baik ditetapkan dengan tujuan tidak-untuk-keuntungan atau perusahaan.

Social Entrepreneur Dan Social Entrepreneurship

Seorang pengusaha sosial adalah pemimpin atau visioner yang pragmatis yang:

  • Mencapai skala besar, perubahan sosial sistemik dan berkelanjutan melalui penemuan baru, pendekatan yang berbeda, aplikasi yang lebih ketat dari teknologi yang dikenal atau strategi, atau kombinasi dari ini.
  • Berfokus untuk menjadi pertama dan terutama pada penciptaan nilai sosial dan / atau ekologis dan mencoba untuk mengoptimalkan penciptaan nilai keuangan.
  • Berinovasi dengan mencari produk baru, layanan baru, atau pendekatan baru untuk masalah sosial.
  • Terus memurnikan dan menyesuaikan pendekatan dalam menanggapi umpan balik.
  • Menggabungkan karakteristik yang diwakili oleh Richard Branson dan Ibu Teresa.

Artikel terkait: Tujuan Entrepreneurship Dan Pengaruh Terhadap Ekonomi

Inovasi, Keberlanjutan, jangkauan dan dampak sosial.

Wirausahawan sosial memiliki ciri-ciri umum termasuk:

  • Keyakinan yang teguh dalam kapasitas bawaan semua orang untuk kontribusi yang bermanfaat untuk pembangunan ekonomi dan sosial
  • Sebuah semangat kemajuan dan membuat itu terjadi.
  • Sebuah sikap yang praktis namun inovatif untuk masalah sosial, seringkali menggunakan prinsip-prinsip pasar dan kekuatan, ditambah dengan tekad yang kuat, yang memungkinkan mereka untuk melepaskan diri dari batasan yang diberlakukan oleh ideologi atau bidang disiplin, dan mendorong mereka untuk mengambil risiko keika yang lain tidak akan berani.
  • Sebuah semangat untuk mengukur dan memantau dampaknya. Pengusaha memiliki standar tinggi, terutama dalam kaitannya dengan upaya organisasi mereka sendiri dan dalam menanggapi masyarakat yang mereka terlibat didalamnya. Data, baik kuantitatif maupun kualitatif, adalah alat utama mereka, yang akan memberikan umpan balik dalam perbaikan.

“Pengusaha sosial tidak bisa duduk kembali dan menunggu untuk perubahan terjadi – mereka adalah driver perubahan.”

Apa Kewirausahaan Sosial?

Kewirausahaan sosial adalah :

  • Tentang menerapkan pendekatan praktis, inovatif dan berkelanjutan untuk manfaat masyarakat pada umumnya, dengan penekanan pada mereka yang terpinggirkan dan miskin.
  • Sebuah istilah yang menangkap pendekatan yang unik untuk masalah ekonomi dan sosial, pendekatan yang melintasi sektor dan disiplin didasarkan pada nilai-nilai dan proses yang umum untuk setiap Socia Entrepreneur tertentu, terlepas apakah bidangnya fokus pada pendidikan, kesehatan, reformasi kesejahteraan, hak asasi manusia, hak-hak pekerja, lingkungan, pembangunan ekonomi, pertanian, dll, atau apakah organisasi mereka mendirikan adalah non-profit atau nirlaba entitas.
  • Ini adalah pendekatan yang menentukan Socia Entrepreneur terpisah dari sisa kerumunan bermaksud baik orang dan organisasi yang mendedikasikan hidup mereka untuk perbaikan sosial.

Tentang model organisasi

Usaha non-profit Leveraged

Pengusaha mendirikan sebuah organisasi non-profit untuk mendorong adopsi inovasi yang membahas pasar atau pemerintah. Dalam melakukannya, pengusaha terlibat penampang masyarakat, termasuk organisasi swasta dan publik, untuk mendorong kemajuan inovasi melalui multiplier effect. Leverage usaha non-profit terus menerus bergantung pada dana filantropi di luar, tapi keberlanjutan jangka panjang mereka sering disempurnakan mengingat bahwa mitra memiliki kepentingan dalam lanjutan usaha.

Usaha non-profit Hybrid

Pengusaha mendirikan sebuah organisasi non-profit tetapi model yang mencakup beberapa tingkat pemulihan biaya melalui penjualan barang dan jasa untuk penampang lembaga, publik dan swasta, serta kelompok-kelompok masyarakat. Seringkali, pengusaha set up beberapa badan hukum untuk mengakomodasi produktif dari pendapatan dan pengeluaran amal dalam struktur yang optimal. Untuk dapat mempertahankan kegiatan transformasi secara penuh dan memenuhi kebutuhan klien, yang sering miskin atau terpinggirkan dari masyarakat, pengusaha harus memobilisasi sumber dana dari masyarakat dan / atau sektor filantropi. dana tersebut bisa dalam bentuk hibah atau pinjaman, dan bahkan kuasi-ekuitas.

Baca juga : Tujuan Entrepreneurship Dan Pengaruh Terhadap Ekonomi

Usaha bisnis sosial

Pengusaha membuat sebuah entitas nirlaba atau bisnis untuk menyediakan produk atau layanan sosial atau ekologis. Sementara keuntungan idealnya dihasilkan adalah, tujuan utama bukan untuk memaksimalkan pengembalian keuangan bagi pemegang saham, tetapi untuk menumbuhkan usaha sosial dan menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan. akumulasi kekayaan bukanlah prioritas dan keuntungan yang diinvestasikan kembali dalam perusahaan untuk mendanai ekspansi. Pengusaha dari usaha bisnis sosial berusaha menarik investor yang tertarik dalam menggabungkan keuntungan finansial dan sosial dari investasi mereka.

Sekian pembahasan kali ini tentang Social Entrepreneur Dan Social Entrepreneurship. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pebisnis Pemula
Business
Anda Pebisnis Pemula Hindari Kesalahan Fatal ini

Kesalahan Fatal Pebisnis Pemula Dalam hidup ini tidak ada satupun manusia yang sempurna. Semua manusia yang hidup di dunia ini tentu pernah melakukan kesalahan, baik kesalahan yang kecil maupun kesalahan yang besar. Kesalahan-kesalahan tidak hanya terjadi di kehidupan biasa, namun juga sering sekali terjadi di dunia bisnis. Ada banyak sekali …

Business
7 Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Memulai subuah bisnis memang selalu menjadi perbincangan yang menarik untuk dibahas. Memang benar memiliki sebuah usaha dan bisnis adalah cara yang paling mungkin untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Namun demikian tidaklah mudah untuk …

Business
5 Cara Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Untuk Anda

Menemukan Usaha Apa Yang Cocok Menjadi pebisnis merupakan langkah yang tepat untuk meraih kesuksesan. Telah banyak pengusaha yang menjadi sukses bahkan dengan penghasilan hingga ratusan juta perbulannya. Namun hal ini tidaklah terjadi begitu saja mereka telah merintis dari kecil hingga besar sampai saat ini. Memang tidak mudah memulai bisnis itu …