Pengertian Strategi Internet Marketing Untuk Bisnis

Strategi Internet Marketing Untuk Bisnis

Internet marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk membantu perkebangan dan kemajuan suatu perusahaan. Di era serba digital ini perusahaan harus memiliki perhatian khusus dalam bidang teknologi dan informasai yang nantinya akan digunakan dalam strategi bisnisnya. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi, dan internet menyebabkan mulai munculnya aplikasi bisnis berbasiskan internet. Kebutuhan akan sarana yang efisien dan efektif dalam pengaksesan sumber informasi menjadi suatu keharusan agar tetap dapat berkompetisi.

Strategi Internet Marketing Untuk Bisnis

Oleh karena itu, sebuah perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang tepat supaya tetap mendapatkan kepercayaan dari parakonsumen serta dapat bersaing dengan para pesaing lainnya. Teknologi informasi memberikan peranan yang besar dalam aspek pengelolaan bisnis. Internet menawarkan kesempatan bagi semua orang untuk memperkenalkan produk dan memasarkannya. Kita dapat memasarkan berbagai hal, baik itu berupa produk ataupun layanan, dengan daerah pemasaran yang tidak terbatas, bahkan dapat menjangkau seluruh dunia.

Pengertian e-commerce

e-commerce merupakan bagian dari e-marketing dimana e-marketing sendiri merupakan bagian dari e-business. Tujuannya adalah untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan konsumen melalui aktivitas online dan memfasilitasi pertukaran ide, produk dan serviceyang memuaskan tujuan kedua pihak yang saling menuntungkan biasanya dengan memanfaatkan aplikasi dari internet dan teknologi digital lain yang berhubungan untuk mencapai tujuan-tujuan marketing.

Artikel terkait: Cara Menentukan Strategi Riset Pemasaran Yang Unggul

Dunia perdagangan baik jasa maupun produk saat ini saling berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan terdepan dalam melayani keinginan pelanggannya. Mereka ingin agar produk / jasa yang mereka hasilkan menjadi sebuah star didalam dunia perdagangan, dimana produk mereka menempati posisi terdepan dalam hal pangsa pasar dan permintaan dari para pelanggan.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang tepat supaya tetap mendapatkan kepercayaan dari para konsumen serta dapat bersaing dengan para pesaing lainnya.Teknologi informasi memberikan peranan yang besar dalam aspek pengelolaan bisnis. Salah satu teknologi informasi yang sampai saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat pada saat dewasa ini menyebabkan mulai munculnya berbagai aplikasi bisnis yang berbasis internet. Pengaruh perkembangan teknologi tersebut menyebabkan dunia perdagangan dituntut untuk menawarkan sebuah konsep perdagangan baru melalui jaringan internet yang disebut dengan e-marketing. Dimana dengan konsep baru ini pemasaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat dan para pedagang dapat menjangkau daerah pemasaran hingga keseluruh dunia.

Apa Saja Jenis Internet Marketing

1). Web Marketing

Website merupakan media yanga memiliki manfaat besar bagi pelaku usaha dan bisnis baik bersekala besar maupun kecil UMKM. Dalam hal ini perusahaan bisa memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya dengan mudah bahkan murah. Misalnya saja dengan menggunakan media blog yang bahkan gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja, namun jika memiliki modal yang cukup maka menggunakan Jasa Website Profesional akan lebih baik lagi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan adanya website marketing ini Anda bisa dengan mudah dan cepat untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki tanpa harus membangun seperti ruku atao tempat konvensional yang memang membutuhkan modal yang cukup besar dalam mengelola dan mendirikannya. Dengan menggunakan media website ini maka Anda bisa meminimalisir biaya dengan sekecil mungkin namun memiliki omset atau benefit yang cukup besar dan bahkan dengan jangkauan mencangkup seluruh indonesia maupun dunia.

2). Email Marketing

Pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media e-mail. Pengguna email saat ini memang sangat besar bahkan setiap orang pasti memiliki email bahkan satu orang bisa memiliki beberapa email karena memang pembuatannya yang mudah dan gratis dengan manfaat yang begitu besar untuk keperluan mereka. Memang benar email marketing ini tidak sepopuler yang ada pada website markeitng, namun demikian juga banyak perusahaan besar menggunakan media ini sebagai promosi pemasaran mereka.

Oleh sebab itu bukan berarti email marketing ini tidak efektif namun justru banyak perusahaan menilai bahwa menggunakan strategi pemasaran yang satu ini menjadi pilihan promosi media pemasaran online yang cukup efektif untuk menjaring pelanggan dan konsumen. Dengan menggunakan email marketing ini maka akan membangun relasi yang kuat dengan para pelanggan karena sifatnya yang private dan sangat cocok untuk melakukan penawaran secara personal langsung dengan pelanggan tersebut bahkan bisa dibilang sebagai penawaran ekslusif.

3). Social Media Marketing

Media sosial saat ini penggunanya sangat besar dan tentu saja ini merupakan peluang yang besar juga bagi mereka para Internet Marketers, alasannya adalah biaya yang murah dalam melakukan promosi bahkan bisa dibilang gratis namun memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap promosi yang dilakukan. Maka dari itu media sosial ini tidak diragukan lagi memiliki dampak yang sangat besar dalam promosi pemasaran oleh para pelaku usaha dan bisnis.

Mengingat jumlah pengguna media sosial ini yang sangat besar, oleh karenanya inilah tempat yang cocok dan tepat untuk melakukan kegiatan promosi online. Saat ini media sosial banyak yang bisa digunakan seperti Facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi yang bisa digunakan dalam promosi produk atau jasa yang Anda.

Ada 4 Strategi Internet Marketing sebagai berikut:

Dari uraian diatas kita telah memahami definisi dan jenis internet marketing. Nah utnuk lebih memahami lebih jauh lagi kita akan membahas tentang apa saja strategi yang bisa dilakukan dalam internet marketing tersebut?. Berikut contoh Strategi internet marketing :

1). Advertising online

Media periklanan ini sering digunakan oleh para pebisnis. Advertising online atau yang lebih dikenal dengan periklanan online, dan dalam penggunaanya strategi marketing ini memang strategi yang paling diminati oleh para internet marketers. Dalam kaitannya periklanan online ini bisa dilakukan dengan Google Adword, Facebook ads dan masih banyak lagi yang bisa digunakan dalam advertising ini.

2). Membuat Komunitas Online

Denggan memanfaatkan komunitas online ini maka perusahaan bisa menargetkan pelanggan atau konsumen secara spesifik sesuai dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Sebagai contoh jika Anda bergerak di bidang bisnis berjualan gadget, maka cobalah untuk membuat komunitas gadget yang akan Anda jual.

3). Lakukan Survei

Survei ini akan sangat bermanfaat dalam perkembangan bisnis Anda maka dari itu jika mengacu dari poin kedua maka Anda pun bisa melakukan survei terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka sehingga Anda akan mengetahui kebutuhan apa yang konsumen atau pelanggan harapkan terhadap bisnis Anda.

4). Melakukan Promosi

Lakukan “soft selling promotion” atau promosi secara halus. Soft selling sering melibatkan promosi seperti jaminan uang kembali dan masa percobaan gratis. Dengan menjanjikan pelanggan Anda bahwa mereka akan senang dengan pembelian mereka, Anda dapat meyakinkan mereka untuk memberi Anda kesempatan. Ketika Anda menindaklanjuti janji Anda, Anda akan mendapatkan kepercayaan mereka dan mendapatkan pembeli berulang.

Baca juga: 11 Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Para pelaku usaha dan bisnis perlu menerapkanya, karena memang dengan kompetisi yang sangat ketat maka strategi internet marketing ini sangat dibutuhkan untuk menjangkau pelanggan dan konsumen potensial. Dengan adanya internet ini jugalah perusahaan akan memiliki jangkauan yang luas bahkan bisa menjangkau sampai global.

Pada akhirnya, Anda harus memutuskan yang mana yang tepat untuk Anda. Ingat saja bahwa pelanggan Anda adalah orang yang nyata akan keinginan dan kebutuhan nyata. Anda mungkin menemukan bahwa bersikap baik dapat sangat membantu meningkatkan laba Anda.

Demikian pembahasan kali ini tentang internet marketing semoga yang sedikit ini memberikan manfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf , jika inginmenambahi, berpendapat atau berbagi informasi dengan pengunjung lainnya silahkan berkomentar dibawah ini Terimakasih atas kunjungna Anda sekali lagi jika berkenan tinggalkan komentar untuk membantu saya mengembangkan blog ini.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mengapa Internet Marketing Tidak Bekerja Tanpa SEO
Internet Marketing
Mengapa Internet Marketing Tidak Bekerja Tanpa SEO

Pentingnya Internet Marketing dan SEO Daftar isi Pentingnya Internet Marketing dan SEOPada dasarnya, pemasaran internet mengacu pada strategi yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan online, termasuk:Beberapa teknik dasar dan strategi SEO yang optimal untuk hasil pencarian:Seberapa pentingkah SEO dalam Internet Marketing? Internet marketing (pemasaran internet) yang bisa juga disebut …

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing
Internet Marketing
Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud Computing Daftar isi Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Cloud ComputingDefinisi atau pengertian Cloud Computing.Apa itu cloud computing?Lalu apa saja Manfaat Cloud Computing? Manfaat Cloud Computing1). Dapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru2). Peningkatan keamanan data dan informasi3). Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat4).¬† Fleksibilitas dan …

3 Tren Digital Marketing yang Perlu Anda Ketahui
Internet Marketing
3 Tren Digital Marketing Saat ini yang Perlu Anda Ketahui

Perkembngan Tren Digital Marketing atau Pemasaran Digital Daftar isi Perkembngan Tren Digital Marketing atau Pemasaran DigitalBerikut tren digital marketing yang bisa membantu bisnis Anda:1). RetargetingBagaimana Cara Penargetan Ulang Bekerja?2). Video Sosial3). Chatbots Perkembangan internet saat ini memang terbilang sangat cepat dan pesat. Hal ini membuktikan bahwa memang kebutuhan manusia akan …