Pengertian Tujuan Pemasaran Dalam Promosi Produk Atau Jasa

Tujuan Pemasaran Dalam Promosi Produk

Tujuan pemasaran adalah tujuan yang ditetapkan oleh bisnis ketika mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen potensial yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, tujuan pemasaran adalah strategi pemasaran yang ditetapkan dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan. tujuan pemasaran sebuah perusahaan untuk produk tertentu mungkin termasuk meningkatkan kesadaran produk di kalangan konsumen yang ditargetkan, memberikan informasi tentang fitur produk dan mengurangi resistensi konsumen untuk membeli produk.

Tujuan Pemasaran Dalam Promosi Produk Atau Jasa

Dalam sebuah artikel yang Terakhir CMO Council (2010), Nicolas Watkis menulis, “Pemasar tidak akan berhasil jika mereka tidak memiliki tujuan.”

Seperti yang kita semua telah mendengar sebelumnya, pemasar ditantang lebih dari sebelumnya untuk menghasilkan hasil yang dapat diukur. Mr. Watkis kemudian menyatakan bahwa “kegiatan yang paling penting bagi pemasar adalah:

  • pembentukan tujuan pemasaran;
  • rencana untuk prestasi mereka;
  • anggaran untuk mendukung rencana tersebut; dan
  • pengelolaan aset dan sumber daya untuk mencapai tujuan. “

Artikel terkait: Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar

Cara Menentukan dan Mencapai Tujuan Pemasaran

Tujuan pemasaran biasanya harus didasarkan, di atas semua yaitu pada tujuan keuangan organisasi.

Artikel Mr. Watkis ‘berpendapat bahwa sebagian besar pemasar mulai dengan anggaran dan kurang tepat dalam mengambil bahwa untuk rencana pemasaran sementara pendekatan yang tepat sebenarnya cukup berbeda.

  1. Menetapkan tujuan keuangan dan pemasaran terukur. Tujuan keuangan pendapatan, laba, dan return on asset. Meskipun ia tidak menjelaskan apa yang “tujuan pemasaran” adalah, nomor generasi memimpin dan metrik lainnya seperti jumlah posting blog atau pesan Twitter bisa menjadi tujuan yang sah untuk kampanye jejaring sosial.
  2. Daftar tindakan untuk mengambil setiap tujuan, dengan tanggal penyelesaian, orang yang bertanggung jawab untuk setiap tindakan, dan juga tindakan alternatif (apa yang harus dilakukan dalam kasus tindakan tersebut tidak berhasil).
  3. Menciptakan keuntungan dan proyeksi dengan anggaran pemasaran rinci menunjukkan alokasi sumber daya. Di sinilah anggaran akhirnya datang ke dalam dan memiliki peran.

Metodologi “Tujuan -> tindakan -> anggaran” adalah logis, tapi mengapa begitu banyak pemasar terus bersikeras datang dengan anggaran sebelum benar-benar menempatkan rencana di tempat?

“mari kita salin anggaran tahun lalu” mentalitas lazim di banyak organisasi karena itu adalah jalan keluar yang mudah dari fungsi yang tidak begitu glamor. Mungkin sekarang saatnya untuk beberapa perubahan. Calon pemasar harus menulis “Tujuan -> tindakan -> anggaran” di atas kertas dan menempelkannya ke corkboard mereka atau menggunakan Post-it dan lem ke monitor komputer mereka. Menetapkan tujuan pemasaran Anda dengan cara ini adalah cara terbaik untuk benar-benar bertemu dengan mereka.

Mengidentifikasi Tujuan Pemasaran Anda

Pada bagian Tujuan Pemasaran dokumen rencana Anda, Anda menguraikan pendapatan Anda dan tujuan-tujuan lain untuk upaya pemasaran Anda di tahun berikutnya (dan, idealnya, di luar), dan memberikan rincian tentang bagaimana Anda akan mencapainya.

Sebagai permulaan, menganggap bahwa rencana pemasaran khas memiliki setidaknya empat tujuan:

  • Generasi pemimpin. menemukan prospek
  • Kesadaran merek. Membuat calon pelanggan menyadari perusahaan Anda dan produk-produknya
  • Merek pertimbangan. Mendapatkan prospek untuk memikirkan Anda
  • Penjualan. prospek meyakinkan untuk membeli dari Anda

Setiap tujuan pemasaran Anda harus mencakup deskripsi tentang apa yang ingin Anda capai, termasuk beton, tujuan numerik dengan waktu pemasaran yang terkait. Untuk menetapkan tujuan-tujuan ini, meninjau angka penjualan masa lalu Anda, pertumbuhan Anda baru-baru ini bisnis di pasar yang berbeda, ukuran pelanggan baru yang khas, dan bagaimana baru pengenalan produk telah bernasib. Kemudian gunakan angka-angka sebagai panduan untuk masa depan.

Baca juga: Pengertian, Contoh, Jenis-Jenis Iklan dan cara strategi Komunikasi Pemasaran

Batasi jumlah tujuan pemasaran Anda mengatur per tahun. Menjaga mereka menantang tetapi dicapai. Tetapkan tujuan sederhana untuk memulai, untuk menghindari mengecilkan orang Anda (atau diri Anda sendiri) dengan menetapkan bar terlalu tinggi.

Sekian pembahasan kali ini tentang Tujuan Pemasaran Dalam Promosi Produk atau Jasa. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui
Strategi Pemasaran
Alat-Alat Promosi Pemasaran yang Perlu Diketahui

Alat-Alat Promosi Pemasaran Daftar isi Alat-Alat Promosi PemasaranAlat Promosi Pemasaran Secara FisikIklanBrosurReklameBalihoSpandukBackdropAlat Promosi Pemasaran Non Fisik Berupa Media1. Sosial media2. Website3. Video marketing4. Direct email Berbicara tentang pemasaran tentunya tidak lepas dengan yang namanya Promosi yang merupakan salah satu strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran atau marketing mix yang sangat penting …

5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa
Strategi Pemasaran
5 Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif Sesuai Contoh Iklan di Media Massa

Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa Daftar isi Membuat Iklan Baris yang Efektif Iklan di Media Massa1. Fokuskan Pada Satu Hal Saja2. Ketahui Iklan yang Efektif3. Perluas Tujuan Iklan Baris4. Munculkan Rasa Penasaran5. Perhatikan Format Iklan Iklan tak dapat dipisahkan dari kegiatan promosi produk barang dan jasa …

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar
Strategi Pemasaran
Definisi Market Share atau Pangsa Pasar dan Contohnya

Pengertian Market Share atau Pangsa Pasar Daftar isi Pengertian Market Share atau Pangsa PasarApa itu Market Share?Pentingnya Market share atau Pangsa PasarCara Mengukur Tingkat Keberhasilan Perusahaan Dalam Market ShareContoh Pangsa PasarAda beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan pangsa pasar perusahaan yang memang mereka tidak mampu utnuk mencapai target tertentu yaitu:Cara …