Peran Dan Keterampilan Seorang Manajer Keuangan

Peran Dan Keterampilan Seorang Manajer Keuangan
Kepemimpinan
1

Peran Dan Keterampilan Seorang Manajer Keuangan

Peran Manajer Keuangan

Peran seorang manajer keuangan adalah satu kompleks, yang membutuhkan baik pemahaman tentang bagaimana fungsi bisnis secara keseluruhan dan pengetahuan keuangan khusus. Kepala operasi keuangan disebut kepala keuangan (CFO).

Struktur perusahaan bervariasi, tetapi seorang manajer keuangan bertanggung jawab untuk hal-hal umum yang sama di seluruh papan. Manajer bertanggung jawab untuk mengelola anggaran. Ini melibatkan mengalokasikan uang untuk proyek yang berbeda dan segmen sehingga bisnis dapat terus beroperasi, tetapi proyek terbaik mendapatkan dana yang diperlukan.

Peran Dan Keterampilan Seorang Manajer Keuangan

Manajer bertanggung jawab untuk mencari tahu proyeksi keuangan untuk bisnis. Pengembangan produk baru, misalnya, membutuhkan investasi modal dari waktu ke waktu. Manajer keuangan bertanggung jawab untuk mengetahui berapa banyak produk ini diharapkan biaya dan berapa banyak pendapatan yang diharapkan untuk mendapatkan sehingga misalnya dia dapat berinvestasi jumlah yang sesuai dalam produk. Ini adalah jauh lebih sulit daripada kedengarannya karena tidak ada data keuangan yang akurat untuk masa depan. Manajer keuangan akan menggunakan data analisis dan dugaan perkiraan nilai, tapi itu sangat jarang bahwa ia bisa 100% yakin dari arus kas masa depan.

Artikle terkait: Pemasaran Sebagai Kekuatan Kewirausahaan

Mencari tahu nilai suatu operasi adalah satu hal, tetapi adalah hal lain untuk mencari tahu apakah itu pembiayaan yang senilai. Ada biaya untuk investasi berupa uang, baik biaya peluang tidak berinvestasi di tempat lain, biaya meminjam uang, atau biaya penjualan ekuitas. Manajer keuangan menggunakan sejumlah alat, seperti pengaturan biaya modal (cost of money dari waktu ke waktu, yang akan dieksplorasi secara mendalam lebih lanjut nanti) untuk menentukan biaya pembiayaan.

Pada saat yang sama bahwa ini terjadi, Manajer keuangan juga harus memastikan bahwa bisnis memiliki cukup uang untuk membayar kewajiban keuangan yang akan datang tanpa menimbun aset yang sebenarnya yang dapat diinvestasikan. Ini adalah tarian halus antara tanggung jawab jangka pendek dan jangka panjang.

CFO adalah kepala departemen keuangan dan bertanggung jawab untuk semua hal yang sama seperti / bawahannya, tetapi juga orang yang harus menandatangani bahwa semua laporan keuangan perusahaan yang akurat. Sehingga ia juga bertanggung jawab untuk perencanaan keuangan dan pencatatan, serta pelaporan keuangan untuk manajemen yang lebih tinggi.

Manajer keuangan tidak hanya ahli di proyeksi keuangan, Sehingga ia harus juga memiliki pemahaman dari sistem akuntansi di tempat dan strategi bisnis tahun-tahun mendatang.

Kegiatan keuangan dari suatu perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dan kompleks dari suatu perusahaan. Oleh karena itu dalam rangka untuk mengurus kegiatan ini seorang manajer keuangan melakukan semua kegiatan keuangan yang diperlukan.

Sebuah palungan keuangan adalah orang yang mengurus semua fungsi keuangan penting dari suatu organisasi. Orang yang bertanggung jawab harus mempertahankan sightedness jauh untuk memastikan bahwa dana yang digunakan dengan cara yang paling efisien. Tindakannya langsung mempengaruhi Profitabilitas, pertumbuhan dan goodwill dari perusahaan.

Berikut ini adalah fungsi utama dari Manajer Keuangan:

Raising of Funds

Dalam rangka memenuhi kewajiban bisnis adalah penting untuk memiliki cukup uang dan likuiditas. Sebuah perusahaan dapat mengumpulkan dana dengan cara ekuitas dan utang. Ini adalah tanggung jawab seorang manajer keuangan untuk menentukan rasio antara utang dan ekuitas. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan yang baik antara ekuitas dan utang.

Alokasi Dana

Setelah dana dibangkitkan melalui saluran yang berbeda fungsi penting berikutnya adalah untuk mengalokasikan dana. Dana harus dialokasikan sedemikian rupa bahwa mereka secara optimal digunakan. Untuk mengalokasikan dana dengan cara terbaik mungkin titik berikut harus diperhatikan.

  • Ukuran perusahaan dan kemampuan pertumbuhannya
  • Status aset apakah mereka jangka pendek jangka panjang atau
  • Mode dimana dana dibangkitkan

Keputusan keuangan ini secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi kegiatan manajerial lainnya. Oleh karena itu pembentukan campuran aset yang baik dan tepat alokasi dana merupakan salah satu kegiatan yang paling penting.

Perencanaan laba

Laba produktif adalah salah satu fungsi utama dari setiap organisasi bisnis. Laba produktif penting bagi kelangsungan hidup dan kelangsungan organisasi. perencanaan laba mengacu pada penggunaan yang tepat dari laba yang dihasilkan oleh perusahaan.

Laba timbul karena banyak faktor seperti harga, persaingan industri, keadaan ekonomi, mekanisme permintaan dan penawaran, biaya dan output. Sebuah campuran yang sehat dari faktor variabel dan tetap produksi dapat menyebabkan peningkatan profitabilitas perusahaan.

biaya tetap yang dikeluarkan oleh penggunaan faktor-faktor produksi tetap seperti tanah dan mesin. Dalam rangka mempertahankan tandem, penting untuk terus menghargai biaya penyusutan biaya tetap produksi. Biaya peluang harus dihitung untuk menggantikan faktor-faktor produksi yang telah memakai dilemparkan dan air mata. Jika ini tidak diperhatikan maka ini biaya tetap dapat menyebabkan fluktuasi besar dalam keuntungan.

Baca juga : Menggambarkan Peran Keuangan di Perusahaan

Memahami Pasar Modal

Saham perusahaan diperdagangkan di bursa dan ada penjualan terus menerus dan pembelian surat berharga. Oleh karena itu pemahaman yang jelas tentang pasar modal adalah fungsi penting dari seorang manajer keuangan. Ketika efek yang diperdagangkan di pasar saham ada melibatkan sejumlah besar resiko yang terlibat. Oleh karena itu palungan keuangan memahami dan menghitung resiko yang terlibat dalam perdagangan ini saham dan surat utang.

Pada kebijaksanaan seorang manajer keuangan sebagai cara untuk mendistribusikan keuntungan. Banyak investor tidak suka perusahaan untuk mendistribusikan keuntungan antara pemegang saham sebagai dividen bukan berinvestasi dalam bisnis itu sendiri untuk meningkatkan pertumbuhan. Praktik seorang manajer keuangan berdampak langsung terhadap operasi di pasar modal.

Sekian pembahasan kali ini tentang Peran Seorang Manajer Keuangan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Artikelnya sangat bermanfaat dan menarik, terimakasih ya. Jika Anda tertarik atau mempunyai jiwa kewirausahaan yang tinggi, saya ingin merekomendasikan situs website kewirausahaan yang terupdate.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif
Kepemimpinan
8 Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif

Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan Efektif Daftar isi Membangun Komunikasi Bisnis yang Baik, Aktif dan EfektifPosisikan Komunikasi sebagai Perangkat UtamaPerhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa yang DigunakanPerbanyak Mendengar Dari pada BerbicaraUtamakan KejujuranEkspresikan Ide dan GagasanTerbuka Pada Kritik dan SaranHindari Mendekte Komunikasi merupakan  hal penting yang dibutuhkan dan dilakukan dalam kehidupan …

Indikator-Indikator Prestasi Kerja
Kepemimpinan
Anda Seorang Pekerja Ketahui Indikator Prestasi Kerja Berikut Ini

Indikator-Indikator Prestasi Kerja Daftar isi Indikator-Indikator Prestasi KerjaTerdapat beragam faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi kerja seorang individu. Faktor-faktor yang yang dimaksud, antara lain:Untuk mengadakan penilaian prestasi kerja, tentu dibutuhkan indikator sebagai tolok ukurnya. Adapun indikator dari prestasi kerja antara lain:Selain itu, ada pendapat lain terkait indikator prestasi kerja, yaitu:Adapun …

Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik
Kepemimpinan
6 Cara Untuk Menjadi Pendengar Aktif Yang Lebih Baik

Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang Baik Daftar isi Strategi Menjadi Pendengar Aktif Yang BaikMendengar pasive dan Pendengar AktifPentingnya KomunikasiJika anda siap untuk menjadi Pendengar Aktif yang baik, lakukan hal-hal berikut : Sebagai makhluk sosial pastinya kita akan selalu berjumpa dengan banyak orang yang memiliki ciri, sifat, dan jarakter masing-masing. Komunikasi …