Persyaratan Terbaru untuk Menghasilkan Uang dari Google AdSense YouTube

Persyaratan Terbaru untuk Menghasilkan Uang dari Google AdSense YouTube

Menghasilkan Uang dari Google AdSense YouTube

Google AdSense YouTube merupakan layanan dari Google yang menggabungkan antara AdSense dan YouTube. Keduanya merupakan produk Google Inc. yang sangat populer di dunia. YouTube dikenal sebagai layanan berbagi video yang memungkinkan penggunanya mengunggah video yang dibuat, serta menonton tayangan video yang diunggah pengguna lain.

Persyaratan Terbaru untuk Menghasilkan Uang dari Google AdSense YouTube

Sementara itu, AdSense adalah program Google yang berupa layanan periklanan. Layanan ini memperbolehkan pengiklan memasang iklan pada situs web dan video. Digabungkan dengan YouTube, maka menjadi Google YouTube AdSense, yaitu iklan yang ditayangkan pada video yang dimuat naik ke YouTube.

Artikel terkait: Alasan Mengapa Membidik Google AdSense untuk Hasilkan Uang dari Internet

Dengan demikian, cara kerja YouTube AdSense yaitu pemilik video mengunggah video ke YouTube, kemudian mendaftarkan AdSense ke Google. Sehingga iklan dapat ditampilkan pada video dan mampu menghasilkan uang dari hasil pemasangan iklan tersebut.

Syarat untuk Mendapatkan Uang dari YouTube AdSense

Pengguna yang menghasilkan video kemudian diunggah ke YouTube dapat disebut sebagai YouTuber. Nah, jika sudah menjadi YouTuber, Anda dapat melakukan monetize dan mendaftar ke AdSense agar bisa menghasilkan uang dari video yang diunggah.

Namun, menghasilkan video saja tidak cukup. Anda harus memenuhi serangkaian syarat yang diajukan oleh Google. Peraturan yang diperbarui ini mulai diterapkan sejak 16 Januari 2018. Pembaruan persyaratan yang semakin ketat ini dilakukan Google untuk mengembalikan kepercayaan pengiklan kepada mereka. Inilah syarat yang harus Anda penuhi untuk memperoleh Dollar dari Google YouTube Adsense.

  1. Akun Terverifikasi

Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah akun channel YouTube Anda harus sudah terverifikasi dengan nomor ponsel. Channel juga sudah harus mengikuti pengaturan yang ditetapkan dengan mengaktifkan fitur-fitur pada channel YouTube Anda.

  1. 1000 Subscriber

Syarat ini tergolong berat bagi YouTuber pemula. Youtube mengharuskan channel memperoleh minimal 1.000 subscriber atau pelanggan sebagai syarat mendaftar ke Adsense.

Channel baru tentu akan sulit memperoleh subscriber sebanyak itu jika video yang dihasilkan tidak ada yang dapat menyedot banyak penonton. Dalam banyak kasus, viewers video sudah tinggi tetapi jumlah subscriber tidak kunjung naik. Maka, cara untuk membuat penonton mau menekan tombol subscribe adalah Anda harus konsisten menghasilkan video yang berkualitas dan menarik bagi penonton.

  1. 4000 Jam Tonton

Syarat ketiga, channel harus memiliki jumlah tayang lebih dari 4.000 jam tonton selama 12 bulan terakhir dari total video yang sudah diunggah. Syarat mutlak ini terlihat lebih mudah dicapai apabila dibandingkan dengan syarat sebelumnya, di mana channel harus memperoleh 10.000 kali penayangan.

Anda bisa menggunakan cara alami atau memanfaatkan YouTube Ads untuk mempermudah pengguna YouTube menemukan video Anda. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Dengan cara alami, Anda dapat menghemat biaya. Namun, cara ini memerlukan waktu lama. Berbeda dengan YouTube Ads, efeknya termasuk cepat, tetapi Anda harus mengeluarkan biaya untuk fasilitas ini. Besarnya biaya bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dan hasil yang ingin dicapai.

Baca juga: Buat Akun Google AdSense Mudah dengan Satu Alamat E-mail

Selain memenuhi ketiga syarat di atas untuk bisa mendapatkan akun Google AdSense YouTube , Anda harus memerhatikan beberapa hal yang dapat membuat channel Anda tidak diterima oleh AdSense. Pertama, jangan menggunakan tools untuk menjaring banyak subscriber. Menjaring subscriber menggunakan tools dapat membahayakan channel Anda. Apalagi dengan tools yang diperoleh gratis. Anda juga sebaiknya tidak memaksa pengguna lain untuk subscribe. Jika channel Anda tidak sesuai yang diharapkan mereka, subscriber dapat lari dari channel Anda sehingga angka subscriber menurun.

Kedua, jangan melakukan spam komentar pada unggahan video orang lain untuk meminta subscriber. Jika pemilik channel melaporkan komentar Anda pada spam atau flag, channel Anda dapat terkena penangguhan atau suspend.

Persyaratan ini tidak berlaku untuk channel YouTube yang sudah diterima oleh AdSense. Iklan tetap dapat berjalan meski jumlah subscriber belum mencapai 1.000.

Nah, setelah mengetahui persyaratan menghasilkan uang dari Google AdSense YouTube, Anda dapat mulai mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Pertama tentu saja harus menyiapkan video yang berkualitas untuk di-upload ke channel Anda. Kemudian, membuat akun YouTube untuk mengunggah video. Selanjutnya mempromosikan channel Anda ke media sosial, blog, atau promosi langsung, untuk mendapatkan subscriber. Hal yang paling penting tentunya konsisten dalam membuat video. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.