Sebelum Daftar, Ketahui Dulu Apa Itu Google Adsense

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Google Adsense
Adsense
2

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Google Adsense

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat blognya sebagai sumber penghasilan. Salah satunya adalah dengan menjadi publisher iklan Google Adsense Indonesia. Namun sebelum bisa menjadi pemasang iklan atau publisher, seorang blogger harus mendaftarkan diri dan juga blognya ke pemilik program Google Adsense tersebut. Apa itu Google Adsense dan bagaimana cara mendaftar menjadi publisher? berikut ini ulasan lengkapnya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Google Adsense

Apa itu Google Adsense?

Google Adsense adalah sebuah layanan atau program periklanan online milik Google, yang dibuat untuk membantu para pemilik usaha atau bisnis untuk memperkenalkan produknya. Dalam prakteknya, iklan tersebut ditampilkan oleh Google pada blog atau situs milik para blogger dan webmaster yang sebelumnya telah mendaftar dan diterima menjadi publisher.

Artikel terkait: Yuk kita Mengenal Apa itu Youtube Adsense

Bagaimana cara kerja Google Adsense?

Sebelum iklan dari para pengiklan atau advertiser dapat ditampilkan di blog, para pengiklan tentunya harus mendaftar dan menentukan seperti apa iklan mereka akan ditampilkan. Dalam hal ini, Google telah menyediakan tools khusus yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mempermudah para advertiser.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini alur atau proses penayangan iklan oleh google.

  • Pendaftaran akun Google Adwords oleh para advertiser atau pengiklan

Siapapun yang ingin produk atau bisnisnya diiklankan Google dan dilihat oleh para pengguna internet, harus mendaftarkan diri menjadi pengiklan ke Google. Caranya cukup mudah, yang diperlukan hanyalah sebuah akun gmail, dan menggunakan akun gmail tersebut untuk pendaftaran akun Google Adwords.

Setelah memiliki akun Google Adwords, pengiklan kemudian bisa langsung membuat beberapa pengaturan terkait jenis dan format iklan, sekaligus menentukan biaya tayang dari iklan meraka. Biaya tayang ini besarannya tergantung kesepakatan antara pengiklan dan pihak Google.

Adapun jenis iklan yang saat ini tersedia dan bisa dipilih oleh para pengiklan adalah:

  1. Iklan Adsense for content

Iklan jenis Adsense for content merupakan iklan yang yang nantinya akan didistribusikan oleh Google ke para pemilik blog untuk dipasang di blognya. Bentuk iklan berjenis Adsense for content biasanya berupa banner berbagai ukuran dan teks tautan link.

  1. Iklan Adsense for search

Iklan Adsense for search atau yang biasa disebut dengan iklan CSE ini juga nantinya akan dipasang oleh para publisher di blognya dalam bentuk mesin telusur. Advertiser akan dikenai biaya iklan apabila pengunjung blog melakukan pencarian melalui mesin telusur tersebut, atau mengklik link tautan yang ada di bawah mesin telusur.

  1. Iklan Adsense for video

Selain menayangkan iklan blog, Google juga menayangkan iklan memalui video di youtube.  Sama seperti iklan Adsense for search, bentuk iklan dari Adsense for video juga berupa banner dan teks tautan link.

  1. Iklan Adsense for mobile

Jenis iklan terakhir adalah iklan Adsense for mobile. Ini adalah format iklan yang dibuat khusus untuk bisa ditampilkan pada perangkat mobile. Jika Anda adalah seorang developer aplikasi mobile, maka anda bisa memasang iklan Adsense for mobile ini pada aplikasi yang anda kembangkan.

  • Pendistribusian iklan ke publisher

Setelah para pengiklan melakukan pendaftaran, menentukan jenis dan format iklan, maka selanjutnya Google akan melakukan pendistribusian iklan kepada para publisher. Pendistribusian ini dilakukan dengan cara membuat sebuah layanan bernama Google Adsense. Melalui layanan inilah para publisher mengajukan penayangan iklan dan juga memilih jenis iklan yang akan ditampilkan pada blog, video, atapun aplikasi yang mereka miliki.

  • Pemasangan iklan oleh para publisher

Proses terakhir sebelum iklan benar-benar tampil di blog, video youtube ataupun aplikasi mobile adalah kode iklan Adsense harus dipasang dulu oleh para publisher di blog dan aplikasi mereka. Khusus untuk publisher yang akan menayangkan iklan di video youtube, tidak perlu memasang kode iklan karena iklan akan otomatis ditampilkan oleh Google pada channel youtube yang telah memenuhi persyaratan tertentu.

Keuntungan menjadi publisher Google adsense

Menjadi publisher Google Adsense adalah salah satu jalan yang bisa dipilih oleh para blogger, Youtuber ataupun developer aplikasi mobile untuk mendapatkan penghasilan. Jadi, keuntungan utama yang akan kita peroleh apabila menjadi publisher Google Adsense ialah mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan itu sendiri.

Sudah tidak terhitung banyaknya publisher Google Adsense yang telah mendapatkan penghasilan besar dari penayangan iklan Adsense ini. Itulah yang membuat para blogger, youtuber dan developer aplikasi mobile, berlomba-lomba mendaftarkan diri menjadi publisher iklan.

Baca juga: Mendaptkan Penghasilan dari Google Adsense Indonesia

Cara mendaftar menjadi publisher Google adsense

Meskipun pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis, namun pada kenyataannya mendaftar menjadi publisher Google Adsense bisa dikatakan tidaklah mudah. Syarat utamanya adalah memiliki blog, channel youtube atau aplikasi mobile yang menurut Google, layak menjadi tempat untuk menayangkan iklan.

Kriteria penentuan kelayakan ini sangat beragam. Khusus untuk blog, syarat utama agar pendaftaran diterima adalah memilik pengunjung organik harian yang banyak dan stabil. Selain itu, pemilik blog juga harus memperhatikan tampilan blog dan kenyamanan pengunjung ketika mengakses blog mereka.

Jadi, sebelum memutuskan untuk mendaftar menjadi publisher Google Adsense, para pemilik blog harus memastikan bahwa kriteria utama di atas sudah terpenuhi. Jangan khawatir, selain tidak dipungut biaya, blogger juga bisa mendaftarkan blog mereka berkali-kali sampai diterima menjadi publisher oleh Google.

Demikian ulasan mengenai apa itu Google Adsense. Semoga bermanfaat dan menjadi bekal bagi para blogger, youtuber ataupun developer dalam mempersiapkan diri menjadi seorang publisher iklan Google Adsense.

Jangan menyerah bangun terus aja aku 1,5tnh tidak dapat hasil apa2 daftar 15X ditolak hehe. Semangat tingkatkan trafik saja masalah adsense nanti kalau kepentok bisa beli hehe

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Seberapa Besar Potensi Finansial Google AdSense
Adsense
2
Seberapa Besar Potensi Finansial Google AdSense

Potensi Finansial Google AdSense Daftar isi Potensi Finansial Google AdSenseApa Itu Blog?Fungsi, Manfaat dan Kegunaan BlogPotensi Finansial Blog dan Google AdsenseBisnis online dari Google AdsenseApa yang Harus Dilakukan Untuk Bisa Sampai Gajian dari Googel Adsense?Meningkatkan pengunjung blog Hallo sobat enterpreneural spirit apa kabar salam sukses untuk kita semua, pada kesemapan …

Perbedaan Google Adsense Youtube Dan Blogspot Yang Harus Anda Ketahui
Adsense
Perbedaan Google Adsense Youtube Dan Blogspot Yang Harus Anda Ketahui

Google Adsense Youtube Dan Blogspot Daftar isi Google Adsense Youtube Dan BlogspotPerbedaan Google Adsense Youtube dan BlogspotCara Mendaftar dan Mendapatkan AkunMedia Pemasangan IklanJenis dan Format Iklan Apabila melihat dari segi potensinya sebagai sumber penghasilan, maka bisa dikatakan bahwa perbedaan Google Adsense Youtube dan Blogspot sebenarnya tidak ada. Keduanya sama-sama memiliki …

Tutorial Google Adsense Untuk Memaksimalkan Penghasilan
Adsense
Tutorial Google Adsense Untuk Memaksimalkan Penghasilan

Tutorial Google Adsense: Cara Membuat Situs Website Untuk Memaksimalkan Penghasilan Daftar isi Tutorial Google Adsense: Cara Membuat Situs Website Untuk Memaksimalkan PenghasilanBelilah domainMendaftar host webBuatlah konten, halaman, dan lain-lain untuk website AndaMendaftarlah untuk AdSense dan posting iklan di website Anda menggunakan plugin atau coding Situs website adalah salah satu cara …