Sedang Diet-Berikut 7 Contoh Jajanan Sehat untuk Anda

Sedang Diet-Berikut 7 Contoh Jajanan Sehat untuk Anda

Contoh Jajanan Sehat untuk Anda yang Sedang Diet

Sebagai hal yang paling penting dalam hidup, maka gaya hidup sehat tentu sangatlah penting. Sudah ada banyak situs yang membahas terkait hidup sehat, salah satunya dengan diet. Ketika sedang diet, godaan untuk jajan tentu saja ada, terlebih ketika sedang bersama dengan teman-teman. Contoh Jajanan sehat merupakan pilihan yang pas untuk menjaga kesehatan juga. Namun demikian kita sering melupakan dan tidak tahu mana yang sehat dan mana yang tidak. Nah dalam artikel ini ada beberapa jajanan yang bisa Anda pilih saat Anda sedang diet.

Sedang Diet -Berikut 7 Contoh Jajanan Sehat untuk Anda

Berikut ada beberapa contoh jajanan sehat untuk Anda ketika sedang diet yang sekaligus bisa dijadikans sebagai peluang usaha.

  1. Buah-buahan

Berbagai buah tentu cocok untuk diet. Selain kaya serat, berbagai vitamin, dan antioksidan, buah-buahan juga rendah kalori. Daripada membelanjakan untuk camilan seperti snack, lebih baik dibelikan buah-buahan. Beberapa buah memiliki harga yang terjangkau, seperti apel atau pisang.

Beberapa buah yang cocok untuk camilan ketika sedang diet adalah strawberry, apel, pisang, jeruk, melon, kiwi, mangga, anggur, dan nanas.

Artikel terkait: 5 Cemilan Anak Sekolah yang Sehat dan Mengenyangkan

  1. Kacang-Kacangan

Selain buah, kacang-kacangan juga cocok sebagai camilan sehati ketika diet. Rasa kacang yang gurih membuatnya digemari oleh banyak orang dan sering dijadikan sebagai camilan. Kacang mengandung serat, antioksidan, dapat meningkatkan produksi serotonin dan membantu mengatur gula darah. Beberapa kacang yang bisa dipilih, seperti kacang tanah, kacang mete, kacang kedelai, kacang almond, hazelnut, pistachio, walnut, dan kacang brazil.

Anda dapat mengonsumsi kacang ini sebelum berolahraga untuk dapat lebih meningkatkan energi. Di malam hari, kacang tanah rebus bisa disantap sebagai pengganjal perut sampai esok hari.

  1. Sayuran

Sayuran memang enak dikonsumsi sebagai pendamping makanan pokok. Selain itu, sayuran juga enak dijadikan camilan sehat, terutama ketia diet. Ada banyak sayuran yang dapat dibuat camilan sehat, seperti wortel, bayam, kentang, tomat, brokoli, singkong, dan ubi jalar.

Wortel, misalnya, mengandung vitamin A dan betakaroten. Contoh lain yaitu segelas jus brokoli mengandung vitamin C sebanyak 41 mg. Sayuran-sayuran itu tentunya juga dapat diolah menjadi makanan lain, sup misalnya. Jika Anda pecinta makanan Indonesia, berbagai sayuran itu dapat diolah juga menjadi pecel atau karedok.

Jika tidak suka mengonsumsi sayuran mentah, maka sayuran itu dapat direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Tidak perlu lama-lama, agar kandungan berbagai nutrisi pada sayur tidak hilang ketika proses pemasakan.

  1. Rujak

Rujak bisa digunakan sebagai camilan alternatif pengganti gorengan. Kedua makanan ini seringkali dijual berdekatan. Memang harus diakui bahwa gorengan lebih menggoda, tetapi ketika sedang diet, lebih baik mengganti gorengan dengan rujak.

Karena terbuat dari kombinasi buah dengan siraman sambal kacang, tentu rujak lebih ramah pada niat diet dibandingkan dengan gorengan. Komposisi gorengan yang terdiri dari tepung dan pengolahan dengan cara digoreng tentu menyumbang kalori yang lebih banyak bagi tubuh.

  1. Yoghurt

Salah satu olahan susu ini mengandung banyak bakteri baik yang begitu bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Yoghurt memiliki tekstur kental yang dapat memberikan efek kenyang yang lebih baik dibandingkan dengan meminum segelas susu. Rasanya asam, namun tetap segar.

Ketika sedang diet, maka pilih yoghurt asalnya dari susu rendah lemak. Agar lebih nikmat namun tetap sehat, yoghurt dapat disajikan bersama potongan buah segar. Saat ini juga sudah ada varian cemilan sehat dari yoghurt, yaitu overnight oats. Overnight oats dibuat dari campuran yoghurt/susu dan oat dengan direndam semalam.

  1. Cokelat Hitam

Bagi Anda pecinta cokelat namun sedang diet, tidak perlu meninggalkan cokelat sepenuhnya. Anda hanya perlu mengganti cokelat yang dikonsumsi. Cokelat yang cocok sebagai camilan sehat adalah cokelat hitam. Bukan memiliki rasa yang enak, cokelat hitam juga mengandung beragam manfaat. Salah satu manfaat cokelat hitam adalah untuk meningkatkan aliran darah serta mengurangi pembekuan darah, baik pada otak atau jantung.

Selain itu, di dalam cokelat hitam juga terdapat kandungan plavonoid yang dapat mengatur gula darah. Cokelat hitam memiliki lebih sedikit kandungan lemak dibanding dengan cokelat jenis lain, sehingga cocok sebagai camilan sehat ketika diet.

Baca juga: 

  1. Popcorn

Contoh jajanan sehat yang ini tentu tidak asing lagi di telinga. Popcorn sering menjadi teman ketika sedang nonton film di bioskop. Popcorn sendiri berasal dari biji jagung utuh yang merupakan salah satu sumber serat. Dengan bentuknya yang mengembang, popcorn bisa memberi efek kenyang. Kalorinya juga tidak banyak, hanya 30 kalori. Tentu saja konsumsinya tidak disertai dengan gula atau mentega.

Itu dia beberapa contoh jajanan sehat ketika diet yang sekaligus dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Sebenarnya tidak saat diet saja, sebaiknya jajanan sehat ini lebih sering dikonsumsi dibandingkan jajanan seperti snack, gorengan, atau junk food. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.