Seperti Ini Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online Sangat Mudah

Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online E-billing
Business

Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online

Sebagai seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang taat dan ingin negara ini maju, Anda memang wajib membayar pajak. Pajak adalah sumber pendapatan negara yang didapat dari seluruh warganya untuk menggerakkan roda perekonomian. Untuk itulah jika Anda yang telah memiliki pekerjaan tetap, wajib membayar pajak sesuai ketentuan. Hanya saja jika Anda merasa ribet ke kantor pajak, sekarang ada cara bayar pajak online.

Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Online E-billing

Tak mau kalah dari berbagai pelayanan yang sudah bisa diakses internet, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) juga mulai melebarkan sayap secara online. Menyediakan sebuah situs resmi, kini Anda bisa dengan mudah melaporkan SPT tahunan cuma bermodalkan akses internet dan tentunya perangkat gawai. Tak perlu ribet antre ke kantor pajak, cara bayar pajak online ini jelas sangat memudahkan para Wajib Pajak (WP).

Artikel terkait: Mengenal DJP Online dan Cara Mudah Lapor SPT

Wajib Mengurus e-Filing Dulu

Sebelum Anda mengetahui cara bayar pajak online, ada baiknya mengurus yang namanya e-Filing alias EFIN. Sekedar informasi, EFIN adalah identitas digital yang harus dimiliki para WP jika ingin mengakses situs DJP. Untuk bisa mendapatkan EFIN, Anda tinggal mengurusnya di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat sambil membawa beberapa berkas seperti fotokopi KTP dan fotokopi kartu NPWP.

Jika sudah memiliki EFIN, Anda bisa langsung berkunjung ke efiling.pajak.go.id untuk membuat akun pribadi. Akan ada tahapan VERIFIKASI yang juga disertakan link ke email pribadi agar akun bisa aktif. Barulah setelah akun aktif, lakukan login di djponline.pajak.go.id dan laporkan SPT Anda.

Bayar Online Pakai E-Billing

Setelah Anda melaporkan SPT sesuai dengan ketentuan dan arahan yang ada, maka untuk bisa memahami cara bayar pajak online, anda wajib membuat e-Billing. Sekedar informasi, e-Billing adalah sistem pembayaran elektronik berbasis MPN-G2 untuk seluruh WP agar lebih mudah, cepat dan akurat membayar pajak. Dengan e-Billing alias Surat Setoran Elektronik (SSE), Anda tak perlu repot-repot membuat Surat Setoran Pajak (SSP).

Sejauh ini Ditjen Pajak menyediakan tiga situs pembuatan kode ID billing yakni

  1. sse.pajak.go.id (versi 1)
  2. sse2.pajak.go.id (versi 2 sudah terintegrasi dengan situs DJP online)
  3. serta sse3.pajak.go.id (versi 3 terbaru)

Untuk versi kedua dan ketiga, Anda bisa memperoleh kode ID billing atas NPWP pihak lain. EFIN diperlukan saat Anda mengakses situs SSE versi dua dan berikut ini adalah cara bayar pajak online memakai SSE alias e-Billing:

  1. Akses laman djponline.pajak.go id dan isi data yang ada seperti nomor NPWP, nama Anda, emmail aktif, kode captcha dan kemudian klik REGISTER. Nanti Anda akan dikirimi link aktivasi di email yang berupa username dan PIN untuk bisa login ke sse.pajak.go.id.
  2. Setelah masuk ke sse.pajak.go.id, Anda wajib login sesuai dengan username dan PIN. Masukkan kembali data yang diperlukan lalu SIMPAN. Anda akan mendapat pemberitahuan tombol TERBITKAN KODE BILLING lalu cetak dan simpan.
  3. Langkah berikutnya adalah Anda tinggal membayar pajak di bank persepsi, kantor pos hingga ATM serta mobile/internet banking. Melalui metode ini, Anda bisa membayar pajak PPh, PPN dan pajak-pajak lain. Satu hal yang wajib Anda ingat adalah kode id Billing memiliki masa aktif selama tujuh hari sejak dibuat lewat SSE pajak. Jika sudah kelewat batas, Anda harus bikin ulang.
  4. Untuk pembayaran lewat ATM, Anda tinggal mencari mesin ATM terdekat. Setelah masukkan kartu, tinggal pilih menu transaksi. Tiap-tiap ATM dari bank berbeda akan memiliki pilihan pembayaran tak sama. Anda harus mencari opsi pembayaran pajak yang nanti membutuhan ID billing. Setelah melakukan pembayaran transfer dan dikonfirmasi, hal berikutnya adalah cetak Bukti Penerimaan Negara dan Anda sudah selesai bayar pajak.

Baca juga: Pengertian Pajak, Fungsi, Sifat, Tipe, dan Prinsip Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai

Tak bisa dipungkiri memang kemudahan cara bayar pajak online sangat membantu WP yang selalu disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Kebiasaan manusia modern yang tak lepas dari gawai dan perangkat internet membuat siapapun bisa bayar pajak tanpa perlu keluar rumah. Jauh lebih efektif dan efisien serta tidak membuat Anda ribet bukan? Jadi, jangan lupa untuk tetap jadi WP yang baik dengan bayar pajak sesuai ketentuan, ya!

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak Bayar Pajak Online Yuk
Business
Sering Merasa Repot Ketika Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk

Anda Repot Bayar Pajak? Bayar Pajak Online Yuk Bukan hanya transaksi jual-beli melalui e-commerce, bayar pajak pun sekarang sudah dapat dilakukan secara online. Meski telah diberlakukan sejak dua tahun lalu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kebijakan ini. Simak ulasan berikut terkait sistem bayar pajak online yang diberlakukan oleh …

Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor
Business
Penjelasan Terbaru Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor Terbaru Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang wajib dibayarkan setiap satu tahun sekali. Gunanya tentu saja untuk memperpanjang masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik kendaraan Anda. Bila tak mematuhi aturan pajak ini, risiko nomor STNK menjadi hangus hingga mendapat surat tilang …

Cara Mudah Daftar NPWP Online
Business
Baca ini Dulu Sebelum Daftar NPWP Online

Cara Mudah Daftar NPWP Online Warga negara yang baik adalah warga negara yang taat membayar pajak. Pajak itu juga nantinya bermuara pada pembangunan untuk warga. Maka jika sudah memiliki penghasilan, memiliki NPWP itu keharusan. Saat ini pendaftaran untuk mendapat NPWP bisa dilakukan secara online. Berikut cara daftar NPWP Online yang …