Sistem Kerja Asuransi Jiwa Syariah dan Manfaatnya

Asuransi Jiwa Syariah dan Manfaatnya

Asuransi jiwa syari’ah merupakan asuransi yang dimiliki oleh nasabah yang berinvestasi di dalam perusahaan asurasni syari’ah. Asuransi jiwa syari’ah berperan sebagai tabbaru’ atau menolong bagi peserta atau anggota yang etrgabung saat terkena musibah. Dana tabbaru’ merupakan dana yang dikumpulkan dari tiap peserta kemudian dijadikan satu, yang nantinya akan digunakan jika peserta lain membutuhkan dana tersebut. Dengan demikian, resiko dari musibah itu dapat diminimalkan dengan ditanggung bersama oleh semua peserta dengan dana tabbaru’.

Asuransi Jiwa Syariah dan Manfaatnya

Asuransi jiwa syari’ah memiliki prinsip utama untuk saling tolong menolong dengan sesama. Sistem kerjanya pun berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi jiwa syari’ah tidak mengenal dana hangus, setiap dana yang masuk akan tetap tersimpan meski tidak ada klaim yang masuk. Jika kita melihat pada asuransi konvensional, dana atau klaim yang masuk dan tidak berekelanjutan maka dana akan hangus.

Artikel terkait: 5 Keunggulan Memilih Asuransi Syariah yang Penting Diketahui

Begitu juga dengansistem bagi untungnya, jika dalam asuransi jiwa syari’ah perusahaan akan mengambil keuntungan dari biaya pengelolaan saja, sedang sisanya dibagi ke semua nasabah. Jika asuransi konvensional, keuntungan sepenuhnya didapatkan oleh perusahaan asuransi.

Dalam asuransi jiwa syari’ah, perlindungan lebih terjamin dengan diawasi oleh Dewan Pengawas Syari’ah (DPS) sehingga ketenangan jiwa bisa didapat dengan sepenuhnya percaya pada asuransi ini. Terlebih lagi, dalam asuransi jiwa syari’ah memiliki sistem tatanan kerja yang sangat kental dengan ajaran islam yang mengutamakan halalnya sebuah ivestasi serta pengaplikasiannya.

Sekarang ini sudah semakin marak yang minat dengan asuransi jiwa, mereka banyak berpikir untuk jangka panjang kalau-kalau terjadi sesuatu yang buruk menimpa mereka maupun keluarga mereka, mereka bisa tenang karena telah memiliki dana asuransi jiwa, erutama mereka yang berinvestasi di asuransi jiwa syari’ah.

Selain mendapatkan ketenangan untuk kedepannya, asuransi jiwa syari’ah juga memberikan manfaat investasi berbasis syariah, mereka bisa mendapatkan keuntungan setelah keuntungan yang dimiliki dialihkan untuk sebuah unit objek yang akan baik untuk pertumbuhannya.

Yang terpenting dari asuransi jiwa syari’ah adalah terjaminnya segala sistem yang berlaku didalamnya karena berlandaskan agama dan syari’at yang sesuai dengan hukum islam. Namun jangan salah, asuransi jiwa syari’ah ini terbuka untuk universal, diartikan berlaku untuk semua umat, hanya saja pengerjaan, tatanan, sistem, dan nama-namanya sangat merujuk pada agama islam.

Asuransi jiwa syari’ah berlaku secara baik, dengan memberikan dana kumpulan dari tiap peserta ynag akan digunakan untuk membantu peserta lain yang mengalami musibah. Perusahaan sepenuhnya hanya berlaku sebagai pengoperasional dana saja, bukan sebagai pemilik dana seperti pada asuransi konvensional.

Didalam asuransi jiwa syari’ah ketentuan tujuan investasi sangat dipelukan, apakah dana itu diperuntukkan untuk ahli waris, dana pelajar, dana haji maupun dana jaminan kesehatan, atau yang lainnya. Sebelum melakukan investasi, seorang nasabah haruslah memiliki kesepakatan tujuan dan jenis produk investasi dan disetujui oleh perusahaan, barulah setelah itu nasabah bisa melakukan investasi. Dalam perihal nasabah, asuransi jiwa syari’ah membedakan 3 jenis nasabah yang bisa melakukan investasi yaitu dari pihak individu, pihak group atau kelompok dan pihak umum. Ketiga jenis tujuan asuransi jiwa syari’ah itu biasa disebut takaful, yaitu tujuan-tujuan yang dimiliki oleh tiap pihak yang melakukan investasi dana ke asuransi jiwa syari’ah.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh Perusahaan Asuransi Syariah

Dalam perjalanan kehidupan, tidak ada yang bisa mengetahui tentang apa yang akan terjadi di hari depan. Oleh karena itu, kita sudah semestinya berpikir jauh kedepan untuk bagaimana langkah awal untuk mengendalikan dan meminimalisir hal-hal buruk yang bisa datang kapan saja. Asuransi jiwa menjadi salah satu solusi untuk memberikan dana cadangan yang bisa diapakai sewaktu-waktu untuk memudahkan diri sendiri menghadapi musibah dalam hidup, pun asuransi jiwa syari’ah juga bisa memberikan manfaat untuk kedepannya.

Sekian pembahasan kali ini tentang Sistem Kerja Asuransi Jiwa Syariah. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Asuransi
Cara Menjalankan Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil

Prosedur Penyerahan Polis Asuransi Mobil Lagi bingung pelajari isi polis asuransi mobil? BANYAK MENEMUKAN ISTILAH YANG MEMBNGUNGKAN? Bingung nya akan istilah dalam polis asuransi membuat kita malas untuk belajar tentang asuransi mobil. Terus, malas juga ditambah dari cerewetnya dan berbelit-belitnya sama petugas asuransi dalam menjelelaskan istilah-istilah yang rumit itu. Belum …

Asuransi
5 Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Saat ini

Daftar Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik Seiring meningkatnya perekonomian masyarakat saat ini tentu mereka juga memperhatikan masadepan diri dan keluarganya. Dengan mengikuti program-program asuransi maka masyarakat tidak lagi khawatir tentang apa yang mungkin saja terjadi di masa mendatang, tentu saja dengan mengikuti asuransi-asuransi yang telah tersedia saat ini sebagai pilihan terbaik …

Asuransi
Apa Saja Kebijakan Produk-Produk Asuransi

Kebijakan Produk-Produk Asuransi Kebijakan Produk-Produk Asuransi “seumur hidup”. Sesuai dengan namanya, asuransi “seumur hidup” dimaksudkan untuk bertahan sepanjang hidup Anda. Ini adalah kebalikan dari polis asuransi jiwa sementara yang mencakup jumlah waktu tertentu seperti jangka waktu 10, 20, atau 30 tahun. Ada banyak alasan bagus untuk membeli kebijakan produk-Produk Asuransi …