Strategi Membuka Toko Online Sukses Untuk Pemula

Strategi Membuka Toko Online Sukses

Bisnis online merupakan salah satu yang cukup menarik untuk di kerjakan dan dimulai. Banyak alasan mengapa orang saat ini banyak yang memulai bisnis online nya karena memang usaha yang satu ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Telah banyak pengusaha-pengusaha online saat ini sudah sukses dengan omset jutaan smpai ratusan juta perbulan dengan berjualan melalui internet ini. Dukungan teknologi dan internet yang terus berkembang memungkinkan semua bisa memanfaatkan sebagai bisnis. Tak hanya sampai di situ kemudahan dalam semua hal akan didapatkan salah satunya dalam dunia bisnis ini.

Strategi Membuka Toko Online Sukses

Membuka toko online ini selain mudah semua bisa memiliki dengan modal yang relatif murah karena memang yang terpenting adalah koneksi internet dan ponsel sudah bisa menjalankan bisnis ini. Banyak market place seperti lazada. bukalapak, tokopedia, OLX, Shopee dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan secara gratis bahkan ada yang menyediakan gratis ongkir ongkos kirim dan dukungan ekspedisi yang bisa kita pilih. Tentu ini akan sangat menguntungkan untuk kita.

Nah dalam artikel ini saya akan berbagi tips untuk Anda jika ingin membuka toko onlie ini. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda. Berikut ulasanya:

1). Buatlah identitas toko yang jelas

Seperti halnya nama toko, brand dan log adalh hal yang perlu diperhatikan dalam membuat toko online, karena memang akan hal tersebut akan menjadi identisas toko Anda ini juga merupakn langkah awal untuk memulai bisnis onlie. Identitas inilah yang nantinya akan memudahkan pembeli, konsumen, pelanggan Anda mengingat dan mengenali toko atau produk yang Anda tawarkan. dalam hal ini membuat nama toko dan brand yang mudah di ingat akan memberikan dampak positif yang akan membedakan toko Anda dengan kompetitor yang ada.

Setelah membuat nama toko onlinetersebut kemudian cobalah membuat logo yang sesuai dengan usaha Anda ini berfungsi juga sebagai identitas untuk itu desain dengan maksimal dan baik. Logo ini nantinya akan di tampilkan pada akun toko Anda juga di setiap platform media sosial maupun website yang dimiliki. Biasanya cara seperti ini merupakan langkah awal yang memiliki dampak dan nilai tambah untuk toko Anda dalam membangun brand yang kuat dan memiliki manfaat jangka panjang. Bisa juga nantinya logo tersebut nantinya ditampilkan juga pada kemasan atau packaging.

2). Fokus pada produk atau jasa yang dijual

Biasanya ketika pertama kali mebuka toko onlie ini bagi pebisnis pemula, dalam menentukan produk apa yang akan dijual tentu menjadi permasalahan tersendiri untuk memilih mana yang tepat mana yang menguntungkan dan mana yang paling di cari oleh konsumen. Bagi pemula memang menentukan produk memang akak membingungkan karena banyak pertimbangan yang akan di temuai dan bagai mana prospek barang/jasa yang akan dijual tersebut. Dalam hal ini tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai perilaku konsumen agar mudah menentukannya. Dengan memahami perilaku konsumen yang telah di pahami, maka Anda dapat mengetahui produk/jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan potensial.

Sebenarnya apapun yang dijual di toko online ini memiliki peluang tersendiri misalnya hal sepele seperti tusuk gigi, tusuk sate, tisu dan lain sebagainya toh masih ada yang minat beli. Oleh karena itu apapun barangnya pasti ada yang minat yang perlu di perhatikan adalah seperti yang tadi yaitu fokus.

Lebih mudah itu dengan menjual barang yang sama dengan minat dan kesukaan miasalnya Anda hobi olahraga maka Anda menjual perlengkapan olahraga dan sebagainya. Misalnya lagi Anda suka dunia fashion tentu lebih cocok menjual aneka ragam pakaian dan aksesoris terbaru. Memulai dengan yang disukai biasanya akan lebih bertahan lama.

3). Cari supplier terpecaya

Barang yang di jual adalah komponen utama dari sebuah toko. Nah untuk itu Anda harus menentukan dan memikirkan darimana produk yang akan di jual berasal dan juga diperoleh. Dalam hal ini, Anda harus mencari suppiler atau produsen yang menyediakan barang-barang yang kamu jual nantinya tentunya harus mempertimbangkan dari segi harga dan kualitas. Mencari supplier tentu harus yang memiliki ketersediaan barang (stock) yang diperlukan dalam hal ini komplit dan bervariasi. Mencari supplieryang menyediakan harga grosir dan di peruntukan untuk reseller akan memberikan keuntungan tersendiri untuk bisnis Anda.

Ada cara lain yang bisa menjadi alternatif jualan online, misalnya menggunakan metode sistem dropship, banyak pedagang online menggunakan sistem ini alasanya selain mudah juga tidak perlu Anda menyimpan dan menyediakan barang di rumah. Dengan sistem dropship ini, pemilik toko online tidak perlu repot-repot menyediakan stock barang cukup bekerjasama dengan penyedia layanan ini sehingga menjadi pilihan yang terbilang efisien.

4). Kualitas barang yang terjamin

Karena barang adalah hal utama dan terpenting maka memastikan kualitas barang dengan baik adalah faktor yang penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Ketika barang yang Anda jual itu berkualitas maka ini akan berpengaruh pada rating atau peringkat toko Anda bisa jadi konsumen akan meberikan bintang 5 untuk toko Amda ini sangat berpengaruh dalam persaingan dan sebaliknya jika kualitas barang yang dibeikan maka toko online Anda bisa jadi sepi peminat bahkan bisa gagal. Hal ini berkaitan dengan poin no.3 tadi tentang pemasok Anda, pastikan bahwa produk tersebut memiliki kualitas prima. Jika perlu datang langsung dan cek sendiri apakah barang yang disediakan memiliki kualitas yang layak untuk di jual kepada konsumen.

Oleh sebab itu kepuasan konsumen adalh faktor penting untuk toko Anda, Jika pelanggan atau konsumen Anda merasa puas dengan kualitas produk yang telah dibelinya bukan tidak mungkin mereka akan melakukan pembelian ber ulang kali bahkan akan menjadi peluang besar menjadi pelanggan setia yang loyal. Unutk itu mempertahankanreputasi dan nama baik toko online Anda adalah penting yaitu dengan memberikan barang yang berkualitas. Jangan sampai pada tampilan dan diskripsi barang muluk-muluk namun barang tidak sesuai dengan yang dijual hal ini akan merugikan konsumen dan toko online Anda karena reputasi yang anjlok.

5). Buat akun toko online

Selanjutnya adalah membuat akun toko online. Setelah poin-poin diatas sudah siap maka Anda harus memiliki toko bukan, jangan sampai barang dan lain sebagainya sudah siap malah tokonya belum di buat hehehe. Banyak penyedia layanan untuk berjualan online ini, Anda bisa memanfaatkan situs-situs e-commerce atau media sosial yang ada. Membuka toko online ini cudah bahkan siapa saja bisa memiliki dan memulainya, saat ini telah ada banyak situs-situs atau startup e-commerce yang bertebaran di internet. Beberapa situs populer yang banyak digunakan saat ini misalnya Shopee, Elevenia, BukaLapak, OLX, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Yng menariknya lagi adanya gratis ongkir yang tentu akan membeikan keuntungan untuk Anda.

Baca juga : 5 Cara Memasarkan Bisnis Online Anda Dengan Biaya Rendah

6). Manfaatkan media sosial

Media sosial juga penting untuk usaha yang dijalankan selain penggunanya yang banyak jangkauannya luas. Setiap orang tentu memiliki media sosial nah dari sini memiliki peluang tersendiri. Cara lain, kamu bisa membuka online shop dengan menggunakan media sosial populer seperti Instagram, Facebook, Line, atau Twitter. Membuat toko online sangatlah mudah karena yang kamu perlukan hanyalah email aktif atau nomor handphone untuk verifikasi dan toko online kamu telah dibuka.

7). Pisahkan nomor pribadi dengan nomor toko online

Pebisnis yang baik itu memisahkan nomer pribadi dan tokonya.Tak jarang pebisnis itu seringkali mencampuradukkan antara kontak pribadi dengan nomor bisnis. Mungkin saja itu dilakukan agar mereka tidak kerepotan saat mengelola toko online.namun hal ini bisa jadi dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya ada tawaran apa-apa, kredit, mama minta saham dan lain sebagainya. Untuk itu gunakan nomor tersendiri utnuk menjaga privasi Anda.

8). Tentukan harga yang pas

Siapa yang tidak tergoda dengan harga murah. Bagi sebagian besar konsumen atau pembeli faktor mereka mau membeli adalah dari segi harga terutama di wilayah Indonesia. Oleh karena itu dengan menentukan haraga yang pas untuk konsumen adalah penting, tentukan harga yang pas di mata konsumen dan sesuai dengan kualitas barang yang dijual. Perlu di pertimbangkan jika dengan kualitas barang Anda jangan sampai barang yang kamu jual terlalu tinggi dan membuat orang tidak mau membeli barang di toko online milik Anda. Sebaliknya jika harga terlalu rendah maka akan mengurangi keuntungan yang Anda peroleh, maka sesuaikan harga yang pas. Coba bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh kompetitor yang ada apakah sudah sesuai. Dengan cara ini, kamu bisa menentukan harga sendiri yang terbilang kompetitif dan rasional di mata calon pembeli.

9). Berikan fitur diskon dan promo

Promosi adalah bagian penting untuk meningkatkan penjualan. Misalnya dengan diskon, bonus dan lain sebagainya. Dalam hal ini tentu harus memperhatikan berbagai hal dari segi keuntungan Anda apakah sudah bisa di tambah dengan bonus dan diskon tersebut. Jangan sampai malah Anda tidak mendapatkan keuntungan apa-apa. Cobalah hitung keuntungan yang didapat untuk menentukan bonus apa yang sesuai dengan produk Anda.

Cukup sampai disini untuk pembahasan kali ini tentang Strategi Membuka Toko Online Sukses. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan
Bisnis Online
4 Tips Jitu Sukses Berbisnis Online Shop Omset Jutaan

Sukses Berbisnis Online Shop Di luaran sana ada banyak sekali bisnis-bisnis yang dapat dijalankan, baik yang offline maupun yang online. Intinya apapun jenis bisnisnya, strategi dalam berbisnis tetap harus dimiliki. Bisnis juga tidak memandang usia. Tua ataupun muda boleh berbisnis asalkan memiliki niat untuk menjalankannya. Kesuksesan berbisnis juga tidak diukur …

Bisnis Online
1
5 Bisnis Tanpa Modal Dengan Untung Jutaan Rupiah!

Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan Jutaan Rupiah Zaman yang terus maju memang tak dipungkiri membuat pengeluaran makin banyak. Saat ini manusia memang dituntut untuk bisa kreatif dalam mencari pendapatan tambahan. Bahkan mereka yang terdaftar sebagai pegawai kantoran mulai melirik usaha sampingan agar pendapatan makin besar. Namun sebagian orang enggan jadi …

Bisnis Online
5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemuda Millennial

Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Kaum Millennial Perkembangan zaman memang sudah begitu maju dan terkendali. Hal ini membuat Anda sudah lazim melihat teknologi yang semakin canggih di berbagai hal. Misalkan saja internet yang dulu cuma digunakan kelompok tertentu, sekarang sudah dipakai oleh siapa saja. Terimakasih pada HP yang makin canggih, …