Tahapan Manajemen Strategis

Tahapan-Manajemen-Strategis
Manajemen Strategis

Tahapan Manajemen Strategis

Proses manajemen strategis merupakan pendekatan yang logis, sistematis, dan objektif untuk menentukan arah perusahaan di masa depan. Namun, pemisahan yang jelas diperlukan antara proses manajerial dengan yang mana organisasi akan merumuskan, mengevaluasi, mengimplementasikan, dan mengontrol hubungan antara tujuan, strategi, dan lingkungannya.

Tahapan-Manajemen-Strategis

Para peneliti biasanya membedakan tiga tahap dalam proses manajemen strategis: formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi dan kontrol.

Artikel terkait: Alat Dan Teknik Manajemen Strategis

Perumusan strategi

Formulasi strategi adalah proses pembentukan misi, tujuan organisasi, dan memilih di antara strategi alternatif. Kadang-kadang perumusan strategi disebut “perencanaan strategis.”

Implementasi strategi

Implementasi strategi adalah aksi panggung dari manajemen strategis. Hal ini mengacu pada keputusan yang dibuat untuk menginstal strategi baru atau memperkuat strategi yang ada. Strategi dasar – kegiatan implementasi menetapkan sasaran tahunan, kebijakan merancang, dan sumber daya yang dialokasikan. implementasi strategi juga mencakup pembuatan keputusan berkenaan dengan strategi yang cocok dan struktur organisasi; mengembangkan anggaran, dan sistem motivasi.

Evaluasi strategi dan Kontrol

Tahap akhir dalam manajemen strategis adalah evaluasi strategi dan kontrol. Semua strategi yang tunduk pada modifikasi masa depan karena faktor internal dan eksternal yang terus berubah. Dalam proses evaluasi strategi dan pengendalian manajer menentukan apakah strategi yang dipilih adalah mencapai tujuan organisasi. Evaluasi strategi dan pengendalian kegiatan mendasar adalah: mengkaji faktor internal dan eksternal yang merupakan dasar untuk strategi saat ini, mengukur kinerja, dan mengambil tindakan korektif.

Model Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah istilah yang lebih luas yang mencakup tidak hanya pada tahap yang sudah diidentifikasi tetapi juga langkah-langkah awal untuk menentukan misi dan tujuan organisasi dalam konteks lingkungan eksternal. Langkah-langkah dasar dari manajemen strategis dapat diperiksa melalui penggunaan model manajemen strategis.

Model manajemen strategis mengidentifikasi konsep strategi dan elemen yang diperlukan untuk pengembangan strategi yang memungkinkan organisasi untuk memenuhi misinya. Secara historis, sejumlah kerangka dan model telah maju yang mengusulkan pendekatan normatif yang berbeda untuk penentuan strategi. Namun, review dari model manajemen strategis utama menunjukkan bahwa mereka semua termasuk elemen berikut:

  1. Melakukan analisis lingkungan.
  2. Menetapkan arah organisasi.
  3. Merumuskan strategi organisasi.
  4. Menerapkan strategi organisasi.
  5. Mengevaluasi dan mengendalikan strategi.

Manajemen strategis adalah proses yang berkesinambungan dan dinamis. Oleh karena itu, harus dipahami bahwa setiap elemen berinteraksi dengan elemen lain dan bahwa interaksi ini sering terjadi secara bersamaan. Model utama berbeda terutama di tingkat ketegasan, detail, dan kompleksitas.

Baca juga :  Mengembangkan Proses Manajemen Strategis

Proses manajemen strategis dapat diuraikan sebagai pendekatan yang obyektif, logis, sistematis untuk membuat keputusan besar dalam suatu organisasi. Proses ini berusaha untuk mengorganisasikan informasi kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang memungkinkan keputusan efektif diambil dalam kondisi yang tidak menentu. Berdasarkan pada pengalaman, penilaian, dan perasaan, intuisi penting untuk membuat keputusan strategis yang baik. Intuisi terutama bermamfaat untuk membuat keputusan dalam situasi yang amat tidak menentu atau sedikit preseden.

Proses manajemen strategis didasarkan pada keyakinan bahwa organisasi seharusnya terus-menerus memonitor peristiwa dan kecenderungan internal dan eksternal sehingga melaukan perubahan tepat waktu. Teknologi informasi dan globalisasi adalah perubahan eksternal yang mengubah bisnis dan masyarakat dewasa ini. Arus informasi yang cepat menghilangkan batas negara sehingga orang dari seluruh dunia dapat melihat sendiri bagaimana cara hidup orang lain. Dunia menjadi tanpa perbatasan dengan warga Negara global, pesaing global, pelanggan global, pemasok global, dan distributor global.

Sekian pembahasan kali ini tentang Tahapan Manajemen Strategis perusahaan atau bisnis. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Manajemen Strategis
Mengembangkan Proses Manajemen Strategis

Mengembangkan Proses Manajemen Strategis Proses manajemen strategis berarti mendefinisikan strategi organisasi. Hal ini juga didefinisikan sebagai proses dimana manajer membuat pilihan dari serangkaian strategi untuk organisasi yang akan memungkinkan untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Manajemen strategis merupakan proses yang berkesinambungan yang menilai bisnis dan industri di mana organisasi terlibat. …

Manajemen Strategis
Pentingnya Dan Nilai Manajemen Strategis

Pentingnya Dan Nilai Manajemen Strategis Sejumlah alasan yang diberikan oleh banyak penulis sebagai mengapa organisasi harus terlibat dalam manajemen strategis. Banyak studi penelitian menunjukkan baik keuntungan finansial dan nonfinansial yang dapat diturunkan dari pendekatan strategis manajemen untuk pengambilan keputusan. Sebuah keputusan yang di ambil harus benar-benar di pertimbangkan dengan matang …

Manajemen Strategis
Evolusi Dari Manajemen Strategis

Evolusi Dari Manajemen Strategis Beberapa peneliti di bidang manajemen strategis telah mengembangkan model yang menggambarkan evolusi manajemen strategis. Pada bagian ini saya sajikan Model Ansoff ini. H. Igor Ansoff menganalisis tantangan lingkungan yang berubah yang dihadapi organisasi selama abad ini dan tanggapan manajerial, strategi kompetitif, dan strategi kewirausahaan digunakan untuk …