Tips Cerdas Buka Usaha Coffee Shop Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Coffee Shop

Banyaknya generasi muda saat ini yang ingin menjadi pengusaha muda sukses. Memang benar dari tahun ke tahun banyak lulusan dari perguruan tinggi yang semakin memiliki minat untuk menjadi wirausaha dibandingkan mencari lowongan pekerjaan karena memang semakin sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Coba perhatikan berapa ribu orang yang berlomba-lomba mencari pekerjaan mencari lowongan kerja, mereka mengantri yang belum tentu bisa masuk menjadi karyawan di perusahaan yang di inginkan, belum lagi jika nanti ketika sudah menjadi karyawan mungkin saja ada PHK yang tidak di inginkan. Nah menjadi wirausaha ini tentu akan menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memang kesulitan bahkan malas untuk mencari pekerjaan. Menjadi pengusaha tentunya adalah pilihan yang tepat untuk bisa menjadi usahawan muda sukses.

Cerdas Buka Usaha Coffee Shop

Memang menjadi pengusaha itu menjajikan kesuksesan untuk siapa saja yang berani memulainya. Namun demikian perlu diketahui untuk menjadi sukses dalam usahanya tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena butuh proses yang akan dilalui. Banyak tantangan-tantangan yang akan di jumpai, resiko menjadi pengusaha akan selalu ada, persaingan, kesulitan modal dan masih banyak lagi yang akan dilalui seorang pengusaha untuk menjadi sukses dan kaya. Meski demikian telah banyak pengusaha muda sukses dari nol karena memang mereka memiliki tekad yang kuat dan tekun dalam menjalankan bisnisnya.

Lalu apa sih usaha yang bisa dijalankan diusia muda ini?. Kita bisa melihat kebanyakan masyarakat Indonesia sangat menyikai minuman jenis kopi, bagi saya sendiri tak lengkap jika sehari tidak minum kopi. Selin itu Indonesia adalah salah satu penghasil kopi yang cukup besar di dunia. Kopi merupakan jenis minuman yang banyak disukai banyak orang dari remaja, orang dewasa hingga orang tua. Rasa kopi yang nikmat dan mantap sangat cocok dinikmati saat kapanpun. Meminum kopi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Oleh karena itu kita bisa melihat peluang usaha yang ada salah satunya yaitu Buka Usaha Coffee Shop. Ya benar Kedai kopi memang memiliki peluang usaha yang cukup besar karena minat masyarakat yang cukup besar.

Woi, udah pada ngopi belum. Diem-diem bae, ngopi ngapa ngopi

Meski peluangnya yang cukup besar persaingannya pun juga besar dibidang ini, oleh karenanya untuk memiliki daya saing dan bisa bersaing dengan pengusa kedai kopi yang lain maka harus memiliki konsep yang unik dan menarik, hal inilah yang akan memberikan sesuatu yang baru akan menjadi daya tarik dan nilai plus tersendiri. Jika Anda anak memiliki jiwa muda maka berikan kreativitas yang Anda miliki karena inilah yang nantinya akan memberikan dampak dan nilai tambah pada bisnis yang Anda jalankan nantinya. Untuk itu pertama kali membuat rencana bisnis Anda dengan matang (business plan) dengan pemikiran dan konsep yang matang, peluang bisnis cafe kopi bisa menjadi sumber keuangan dan kesuksesan Anda.

Artikel terkait: 5 Tips Dan Cara Membuka Usaha Cafe Panduan Lengkap

Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari para pecandu kopi ini jika Anda menjalankan dengan cara yang cerdas.

Bagaimana menarik bukan usaha kedai kopi ini?. Jika Anda tertarik utnuk memulai usaha Coffee Shop ini silahkan terus siimak tips di bawah ini :

1). Maksimalkan Secara Online

Di era serba digital ini memungkinkan semua hal dipermudah salah satunya pada dunia usaha dan bisnis. Saat ini telah banyak pengguna Internet dan memang telah menjadi kebutuhan setiap orang, bahkan ada yang bila mereka rela tidak makan asal ada koneksi internet, memang sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupa sehari-hari masyarakat. Untuk mendukung bisnis Coffee Shop, Anda bisa memanfaatkan berbagai tool yang dapat dengan mudah digunakan untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis yang dijalankan salah satunya dengan pemasaran online. Inilah yang akan memberikan nilai tambah dan keuntungan untuk Anda. Salah satunya adalah dengan menawarkan produk anda yang paling unik secara online.

Lalu pa yang bisa di tawarkan pada konsumen secara online? Tentu saja banyak yang bisa Anda tawarkan misalnya menjual biji kopi, gift certificates, kopi berlangganan, alat peracik kopi dari brand terpercaya dan bahkan buku panduan meracik kopi berkelas. Karena memang saat ini kopi dapat menjadi gaya hidup masyarakat.

2). Mendengarkan Pelanggan Anda

Memnbangun citra yang baik sangat dibutuhkan untuk suatu bisnis. Ketika pelanggan atau konsumen sudah percaya terhadap produk atau bisnis Anda maka mereka tak segan akan mengeluarkan berapapun biaya yang Anda tawarkan. Pelayanan prima juga dibutuhkan untuk menjaga konsumen tetap loyal terhadap Coffee Shop yang Anda miliki. Kemudian mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan dan konsumen adalah hal terpenting karena inilah yang akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju. Dari saran dan kritik dari pelanggan inilah yang bisa menjadi itrospeksi untuk di perbaiki baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas yang dimiliki. Untuk itu cobalah menyediakan kotak saran atau menanyakan langsung kepada pelanggan bagaiman kesan-kesan mereka terhadap Coffee Shop yang Anda miliki, mendengar aktif sangat penting utnuk membangun ikatan antara Anda dan pelanggan.

3). Lakukan Perhitungan

Apakah anda bertanya-tanya tentang kebutuhan penjualan? Untuk memulai sebuah usaha coffee shop kecil-kecilan, Berikut ini adalah perkiraannya :
Rp 4000.0000 untuk peralatan
Rp 1000.000 untuk pemasaran
30 sampai 35 % dari pendapatan bulanan harus masuk ke biaya operasional bulanan setelah anda mendirikan usaha anda5 Gaya Hidup Sederhana Miliader Dunia Yang Wajib Anda Tiru sukses usia muda usia tua sebelum 30 hemat saving tidak foya foya miliader sederhanaKetika mempertimbangkan lokasi, Goodlaxson menggunakan standar pengukuran seperti ini : Dalam satu atau dua tahun setelah anda membuka coffee shop, penjualan harus 4 kali lebih besar dari harga sewa tempat. Jadi, jika harga sewa adalah 4 juta per bulan, anda harus mendapatkan omzet minimal 16 juta. Apakah anda tidak bisa melakukannya? Pertimbangkan lokasi lainnya yang memiliki harga sewa lebih murah agar tidak memberatkan usaha anda ke depannya.

4). Melatih Karyawan Anda

Sebagai pemilik usaha Anda harus mengetahui bahwa karyawan adalah aset perusahaan Anda yang berharga. Untuk itu perlu adanya pemberdayaan seperti pendidikan, kursus, atau pembinaan untuk meningkatkan keahlian karyawan Anda hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas rasa minuman yang Anda jual tetap konsisten. Selain itu tujuan dari pelatihan karyawan adalah menjaga aset dan keberlangsungan perusahaan Anda. Sumber daya yang berkualitas akan membawa perusahaan berkembang ke arah lebih lanjut. Ada banyak program untuk pemberdayaan karyawan misalnya:

  • Bermitralah dengan roaster yang menyediakan kursus barista.
  • Mendaftarlah dikursus barista bersertifikat.
  • Belajarlah keterampilan tambahan agar mendapatkan sertifikat coffee taster. 
  • Belajarlah tentang pertanian, pengolahan dan grading biji kopi.
  • dll.

Baca juga: Usaha Jajanan Anak Sekolah Modal Kecil

Agar bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan semestinya membuat SOP juga diperlukan untuk menjaga kualitas dari kopi yang di sajikan kepada pelanggan tetap terjaga, hal ini akan memberikan anda kontrol lebih banyak atas kualitas dari kopi yang anda jual.

Jika anda tidak memiliki modal startup atau pengalaman memanggang kopi, anda lebih baik bekerjasama dengan roastery lokal atau regional terpercaya. Setidaknya untuk memulai bisnis anda tersebut. Jangan menempatkan diri dalam posisi sulit. Sedangkan anda butuh action cepat agar ide bisnis anda tidak dicuri orang lain di sekitar Anda. Lakukan apa yang harus Anda lakukan kerjakan apa yang bisa Anda kerjakan. setiap usaha dan bisnis pasti ada pasang surutnya. Kegagalan itu tidak ada karena pada dasarnya konsep kegagalan itu memang tidak ada yang ada belajar atau sukses.

Dengan peluang usaha cafe kopi yang unik dan menarik serta pemberian pelayanan terbaik, anda bisa sukses dalam bidang ini. Berikan rasa yang unik dan berbeda dan burulah kopi dengan kualitas yang terbaik dari beberapa negara, termasuk dari dalam negeri agar lidah pelanggan dimanjakan.

Sekian pembahasan kali ini tentang Usaha Coffee Shop Yang Menguntungkan. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba
Peluang Usaha
5 Jajanan Anak SD Paling Laris Yang Layak Dicoba

Jajanan Anak SD Paling Laris Manis Camilan adalah hal yang disukai banyak orang. Terlepas dari berapapun usia Anda, tentu begitu menyenangkan menghabiskan waktu ditemani camilan. Tak heran kalau akhirnya makanan kecil termasuk peluang usaha yang banyak dirilik. Dan dari banyaknya jenis makanan ringan itu, bisa dibilang kudapan untuk anak kecil …

Bisnis Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Omzet Jutaan Rupiah Perbulan
Peluang Usaha
Bisnis Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Omzet Jutaan Rupiah Perbulan

Raup Omzet Jutaan Rupiah Perbulan dari Jajanan Anak-anak SD Tempo Dulu Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar jajanan anak-anak SD? Rindu ataukah penasaran dengan keberadaannya sekarang? Memang susah di zaman sekarang ini menemukan jajanan tempo dulu yang keberadaannya mulai punah seiring perkembangan zaman. Tetapi bagi seorang pengusaha sukses, inilah kesempatannya …

6 Tips Jualan Jajanan Anak SD untuk Bisnis Sampingan
Peluang Usaha
6 Tips Jualan Jajanan Anak SD untuk Bisnis Sampingan

Bisnis Sampingan Jualan Jajanan Anak SD Ada banyak sekali peluang usaha bagi siapapun yang jeli melihatnya. Termasuk salah satunya dengan berjualan jajanan anak SD. Usaha ini pun terbilang cukup menjanjikan. Karena anak-anak sekolah memang pada dasarnya memiliki hobi jajan. Namun sedikit berbeda dengan menjual makanan biasa. Jika Anda hendak menjual …