Tips Memilih Nama Domain untuk Blog yang Berkualitas

Memilih Nama Domain untuk Blog yang Baik

Domain membantu blog atau website yang dikelola seoramg blogger menjadi terlihat profesional. Banyak blogger yang memang memiliki niat serius untuk ngeblog, melakukan berbagai cara agar blog atau websitenya tampak profesional, salah satunya dengan melakukan sesuatu pada domain mereka. Tapi sebelum itu, coba lihat tips memilih nama domain untuk blog sebelum mengatur domain di blog Anda.

Nama Domain Blog Berkualitas

Ketahui tipsnya dan buat domain luar biasa di blog. Bagi orang awam tips ini sangat perlu sekali, untuk menghindari kesalahan serta memberikannya beberapa pengetahuan karena di dunia seperti ini mereka masih awam.
 
Berikut ini beberapa tips memilih domain, jangan abaikan tips ini. Domain adalah segalanya untuk blog Anda. Sebab yang dilihat, diingat oleh pembaca Anda, dan dikunjungi kembali adalah nama domain Anda.

Artikel terkait:  Fitur Unggulan Niagahoster yang Membuat Anda tak Bisa ke lain Hosting

Lalu apa saja tips itu?

1. Jangan Gunakan Domain Gratisan

Di dunia ini tidak ada yang gratis. Jangan percaya pada hal-hal gratis semudah itu. Juga jangan percaya kalau ada domain gratis. Mungkin memang saat masih awal domain tersebut bisa Anda dapatkan dengan gratis di tahun pertama, namun apakah ada jaminan bila domain itu gratis di tahun berikutnya?

Lebih baik Anda membeli domain saja. Lagi pula kebanyakan domain gratis memiliki bunyi yang aneh, juga domain gratis yang mereka tawarkan biasa dipakai oleh blog spam. Hal ini bisa memicu Anda dicurigai Google lalu blog Anda dibanned.

2. Membuat Nama Domain yang Gampang diingat dan Jangan Gunakan Trandmark Orang Lain

Ini penting sekali. Blog atau website yang memiliki nama unik, akan lebih mudah diingat pengunjung.

Nama domain yang gampang diingat itu pastinya tidak panjang, Anda pun memang lebih baik membuat nama domain yang pendek. Coba lihat beberapa situs terkenal. Lihat nama domain mereka.

Singkat, padat, jelas, dan mudah diingat bukan?

Contohnya seperti Hipwee, Brilio, Detik, dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan gunakan trandmark orang lain. Anda akan dikenai denda jika itu terjadi.

Contohnya seperti trandmark Google. Anda memasang nama Google di domain Anda itu adalah tindakan terlarang. Bagaimanapun itu, Google adalah milik Google. Bukan milik Anda yang dengan semudah itu Anda jadikan nama domain di blog pibadi Anda.

3. Menggunakan 3 Pilihan Domain Terkenal

Ada beberapa nama domain terkenal, namun yang akan kami sebutkan hanya tiga.

Yaitu Com, Net, dan ccTLD.

Sebenarnya domain di atas sama saja. Tapi kalau misalnya tidak pas dengan nama domain blog Anda, Anda memiliki 3 pilihan di atas.

Kita pun mengetahui kalau domain Com adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Tidak salah bila Anda memakai nama domain tersebut. Tapi jika tidak cocok disandingkan dengan nama domain, maka ada pilihan lain yakni Net.

Net merupakan domain yang paling banyak digunakan kedua setelah Com. Tapi bila nama blog Anda masih belum cocok, ada pilihan berikutnya yaitu ccTLD.

ccTLD adalah domain kode negara. Jadi di setiap negara memiliki ccTLD yang berbeda-beda. Kalau di Indonesia bernama Id.

Ketiga domain di atas yang paling direkomendasikan. Jangan gunakan domain dengan nama aneh, contoh saja seperti XYZ.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Anda Harus Pilih Niagahoster Untuk Kebutuhan Hosting dan Domain

4. Menghindari Simbol

Tips memilih nama domain untuk blog berikutnya berhubungan dengan simbol. Ada beberapa simbol yang diperbolehkan untuk dipasang di nama domain blog Anda. Tapi lebih baik dihindari. Contoh simbol yang harus dihindari adalah ‘-’

Karena saat ada orang yang mau mencari blog Anda akan kesulitan menulisnya. Juga hindari pemasangan nomor di nama domain Anda. Selain kelihatan tidak indah, itu pun dapat membuat orang-orang sulit mengingat url blog Anda.

5. Mendaftarkan Nama Domain di Tempat yang Terpercaya

Jangan terpengaruh oleh diskon atau harga yang murah. Yang paling utama adalah yang dapat dipercaya, bukan yang murah harganya. Jangan sampai karena termakan harga murah, Anda tertipu dengan layanan mereka.

Pilihlah tempat yang terpercaya untuk mendaftarkan fomain Anda. Dalam hal ini cobalah daftar ke Rumahweb.com

Tempat itu sudah berdiri sangat begitu lama. Dari tahun 2002 lalu. Jadi mustahil jika dia menipu. Harga yang diberikan juga sesuai dengan standar, tidak kemurahan, tidak juga mahal.

Tips memilih nama domain di atas semoga membantu Anda yang sedang kebingungan. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blogging
Inilah Manfaat Google+ untuk Ngeblog yang Jarang diketahui

Manfaat Google+ untuk Ngeblog Halo apakabar sobat blogger dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Google+ atau bisa disebut Google Plus adalah salah satu dari beberapa media jejaring sosial yang telah dikembangkan dan dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Di era moderen …

Blogging
Hal yang Wajib dilakukan Setelah Posting Artikel di Blog

Kegiatan Setelah Posting Artikel di Blog Pie kabare sobat blogger indonesia dimanapun kalian berada salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kebetulan saya ini berbagi informasi yang cukup menarik terutama bagi blogger pemula. Apa itu? Yaitu kegiatan setelah kita menulis artikel yang tidak boleh terlupakan. Menulis artikel yang …

Blogging
Mitos Nama Domain yang Masih dipercayai Kebenarannya

Nama Domain Apakah Berpengaruh ke Website? Ketika kita ingin mengunjungi sebuah situs tentu kita juga akan melihat nama domain yang kita akses. Sebagai blogger pemula yang ingin membeli domain pasti akan memikirkan nama yang cocok dan pas untuk dipilih bahkan terkada juga bingung menentukan nama domain akan seperti apa nantinya. …