Tips Sukses Dan Peluang Usaha Nasi Goreng Panduan Lengkap

Peluang Usaha Nasi Goreng Sukses Panduan Lengkap
Peluang Usaha

Peluang Usaha Nasi Goreng Sukses Panduan Lengkap

Memulai usaha saat ini bisa di lakukan oleh siapa saja dengan jenis bisnis apa saja. Salah satu jenis bisnis yang sangat potensial untuk di jalankan adalah usaha jualan nasi goreng. Pelang Usaha Nasi Goreng yang satu ini masuk dalam jenis usaha kuliner makanan padat, yakni makanan yang mengenyangkan. Sejak dahulu, usaha bidang kuliner memang cukup bagus untuk di jalankan, mengingat arti dari kuliner sendiri adalah makanan. Dimana makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup termasuk manusia.

Nasi goreng merupakan makanan yang tidak asing lagi di telinga kita, dari sabang hingga merauke pasti mengenal makanan yang satu ini. Bahkan nasi goreng merupakan salah satu dari sekian makanan terlezat di Dunia dan di Indonesia. Asal mula nasi goreng sendiri tidak begitu jelas, ada yang mengatakan nasi goreng berasal dari negara Tiongkok dan ada pula yang mengatakan jika nasi goreng berasal dari Indonesia. Namun dari mana asalnya yang jelas nasi goreng sudah di kenal di seluruh dunia dan merupakan makanan sejuta umat.

Usaha nasi goreng sendiri bukanlah usaha yang harus di dirikan dengan modal awal yang besar, karena nasi goreng merupakan makanan sejuta umat, tidak hanya orang kaya, namun kalangan bawah juga bisa makan nasi goreng. Sebenarnya usaha ini sudah ada sejak lama namun kita harus memiliki ide baru yang mampu membantu dalam mengoptimalkan peluang usaha yang sedang dijalankan.

Tips Sukses Dan Peluang Usaha Nasi Goreng

Itu karena harga nasi goreng sendiri tidak semahal makanan restoran, dengan biaya 10 ribu saja kita sudah bisa menikmati lezatnya nasi goreng. Nasi goreng merupakan salah satu jenis masakan yang banyak disukai orang. Menu makanan ini disukai dengan ciri khas rasanya yang membuat orang ingin menyantapnya. Juga peluang kesuksesan bisnis nasi goreng ini memang cukup besar karena minat masyarakat akan masakan ini sangat besar bahkan untuk semua kalangan.

Artikel terkait: Peluang Usaha Nasi Goreng Masakkan Kas Indonesia

Apabila anda tertarik memulai usaha yang satu ini, kami akan membagikan beberapa tips sukses usaha jualan nasi goreng, berikut ini beberapa tipsnya, siapa tahu bermanfaat bagi anda.

Tips Usaha Jualan Nasi Goreng Agar Sukses dan Menghasilkan

1. Tempat Berjualan / Lokasi Usaha

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, nasi goreng merupakan makanan yang tidak memandang status sosial, siapa saja suka dengan nasi goreng. Melihat hal tersebut, anda tidak perlu memperhitungkan masalah tempat usaha. Yang terpenting jualah nasi goreng di tempat-tempat yang ramai, seperti di dekat jalan raya. Anda bebas menjual nasi goreng, mau menggunakan gerobak atau mendirikan rumah makan nasi goreng. Sesuaikan saja dengan modal yang ada, agar usaha bisa berjalan lancar.

2. Perlengkapan Usaha Nasi Goreng 

Apa saja perlengkapan usaha nasi goreng? Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perlengkapan usaha kuliner lainnya. Yang jelas di butuhkan perlengkapan memasak dan fasilitas pendukung lainnya. Perlengkapan usaha ini jelas membutuhkan modal atau biaya untuk membelinya, namun anda bisa meminimalisir biaya dengan cara menggunakan perangkat memasak anda di rumah. Beberapa yang di butuhkan adalah :

  • Gerobak/Etalase : Rp. 2.500.000,-
  • Kompor Gas dan Tabung Gas : Rp. 300.000,-
  • Peralatan Masak : Rp. 300.000,-
  • Peralatan Makan : Rp. 200.000,-
  • Fasilitas : Rp. 200.000,-
  • Lain-lain : Rp. 200.000,-

Kisaran modal awal yang di butuhkan dalam memulai usaha ini sekitar Rp. 3.700.000,-. Namun itu bukanlah angka pasti, harga barang bisa saja berubah, semua tergantung dari jenis barang dan spesifikasinya. Selain itu apabila anda memulai usaha ini dengan tempat usaha berbentuk bangunan, maka anda membutuhkan modal yang lebih besar dari modal di atas, bisa sampai 15 atau bahkan 20 Jutaan.

3. Rasa Nasi Goreng 

Enak merupakan ungkapan positif dari konsumen kepada anda, apabila pembeli mengatakan nasi goreng anda enak, maka bisa di pastikan pembeli akan datang kembali keesokan harinya. Sehingga inti dari usaha nasi goreng, anda harus membuat nasi goreng dengan cita rasa yang lezat, kalau bisa lebih lezat dari pada pesaing-pesaing anda. Selain itu, anda juga harus kreatif dalam menyajikan nasi goreng, anda bisa menyajikan dengan hiasan atau dengan tampilan yang terkesan unik atau mewah. Selain itu anda juga bisa menambah variasi rasa dari nasi goreng tersebut.

4. Harga Nasi Goreng 

Selain rasa, harga juga menjadi faktor penting di dalam usaha jualan nasi goreng. Pastikan jika anda menjual nasi goreng dengan harga yang bersahabat dengan masyarakat sekitar anda. Paling tidak anda harus menjual nasi goreng dengan harga yang standar, namun tetap jaga rasa dan kualitas dari nasi goreng tersebut. Rasa lezat harga bersahabat jelas lebih di pilih banyak orang. Yang terpenting jangan sampai rugi karena menjual nasi goreng dengan harga yang terlalu murah.

Resep Nasi Goreng Kambing Enak

Bahan – bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 300 gr daging kambing, potong – potong
  • ½ buah bawang bombay cincang halus
  • 3 siung bawang putuh haluskan
  • 2 sendok teh ketumbar dihaluskan
  • 3 sendok makan saus BBQ
  • ½ sendok teh mixed spices
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Air secukupnya
  • Lada dan garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kambing :

  1. Campurkan bawang putih, saus BBQ, ketumbar, air jeruk nipis, mixed spices, garam, gula pasir dan lada. Balurkan bumbu tersebut pada potongan daging kambing lalu diamkan 35 menit.
  2. Panaskan minyak, masukan daging kambing yang sudah dibaluri bumbu tumis sampai bumbu meresap kemudian tambahkan air lalu didihkan.
  3. Kecilkan api lalu masak sampai daging kambing menjadi empuk. Jika perlu tambahkan dengan air.
  4. Bila daging telah empuk maka masukan bawang bombay yang telah dicincang, tumis sebentar lalu masukan nasi putih tambah dengan lada dan garam secukupnya dan aduk sampai rata.
  5. Hidangkan nasi goreng kambing yang telah jadi dengan acar cabe rawit dan ketimun supaya lebih segar dan pedas.

Analisa Usaha Nasi Goreng

Modal AwalHarga
Gerobak atau etalase

Kompor gas
Peralatan masak
Peralatan makan

Rp. 2.000.000

Rp. 450.000
Rp. 600.000
Rp. 250.000
Total Modal Awal
Rp. 3.300.000
Biaya Operasional

Biaya Pengeluaran 1 bulan
Beras 150 kg @Rp. 9.000/kg
Aneka bumbu
Daging kambing 10 kg x Rp. 27.000
Minyak goreng 15 L @12.000/L
Telur ayam 2 kg x @ Rp. 10.000 x 30 hari
Bahan lainnya

Rp. 1.350.000
Rp. 650.000
Rp. 270.000
Rp. 180.000
Rp. 600.000
Rp. 300.000
Total Biaya Operasional
Rp. 3.350.000

Pendapatan Per Bulan
1 porsi nasi dihargai Rp. 8.000
Penjualan 1 hari = 25 porsi x Rp. 8.000 = Rp. 200.000
Rata – rata penjualan 1 bulan = Rp. 200.000 x 30 hari = Rp. 6.000.000
Keuntungan Per Bulan
Keuntungan = Pendapatan – Biaya Operasional = Rp. 6.000.000 – Rp. 3.350.000
= Rp. 2.650.000
BEP ( Break Event Point )
BEP = (Total biaya investasi : keuntungan) x 30 hari
= (Rp. 3.300.000 : Rp. 2.650.000) x 30 hari
= > 1 bulan
Perhitungan analisa tersebut hanya perkiraan saja dan tidak menentu tergantung dengan bahana baku dari nasi goreng karena harga disetiap daerah memiliki perbedaan sehingga harga jual juga berbeda.

Baca juga: 20 Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Mungkin itulah 4 tips sukses dalam usaha nasi goreng, selain beberapa tips di atas jelas masih banyak cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk meraih kesuksesan dalam usaha nasi goreng. Semoga saja apa yang saya bagikan di kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengujung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses utnuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan
Peluang Usaha
Tak Disangka, Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan

Peluang Usaha Bubur Ayam Sangat Menjanjikan Keuntungan Bubur ayam merupakan menu sarapan di pagi hari, bahkan penikmat makanan ini setiap harinya tidak pernah berkurang. Menandakan bahwa Peluang usaha bubur ayam sangat menjanjikan keuntungan. Bubur ayam sendiri bisa dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk orang tua, remaja dan anak-anak. Alhasil, peluang usaha …

Resep Jajanan Pasar Untuk Acara Syukuran
Peluang Usaha
2 Resep Jajanan Pasar Untuk Acara Syukuran

Jajanan Pasar Untuk Acara Syukuran Acara syukuran, utamanya di Jawa biasanya memerlukan jajanan pasar yang disajikan dalam sebuah nampan. Kue-kue tradisional beraneka bentuk dan warna disusun sedemikian rupa bersanding dengan tumpeng di atas meja, akan menarik tamu undangan. Apabila dalam waktu dekat Anda akan menyelenggarakan syukuran, dapat coba membuatnya sendiri …

Resep Makanan Ringan untuk Dijual Secara Online
Peluang Usaha
Resep Makanan Ringan untuk Dijual Secara Online

Makanan Ringan untuk Dijual Secara Online Berjualan makanan ringan lewat daring saat ini semakin marak dilakukan. Bahkan makanan ringan yang tergolong khas suatu daerah seperti keripik tempe, kini bisa didapatkan di toko online atau marketplace. Terbukti bisnis online memang menguntungkan, tidak ada salahnya Anda mencoba resep makanan ringan untuk dijual …