Top 8 Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal

Plugin WordPress terbaik yang Anda butuhkan

Dalam dunia blogging tentunya kita untuk bisa mendapatkan pengunjung ke blog kita harus memiliki performa blog yang terbaik. Nah ketika Anda membuat website atau blog untuk bisnis atau ingin berbagi informasi dengan orang lain tentunya sangat menguras tenaga dan waktu ketika membuatnya secara manual karena memang Anda ketika membuat website tersebut perlu memperhatikan banyak hal. Namun saat ini kita tidak perlu repot-repot membuat website yang cukup rumit jika mengandalkan coding sendiri oleh karena itu saat ini telah banyak platform yang bisa kita manfaatkan bahkan gratis yaitu platform CMS yang disana kita bisa membuat sebuah website dengan mudah dan cepat salah satunya dengan menggunakan platform WordPress. Dikalangan para blogger Indonesia sendiri platform yang terkenal yaitu WordPress dan Blogspot yang keduanya memiliki kelebihan masing-masing. WordPress (.com dan .org) saat ini memang merupakan platform yang paling banyak digunakan berdasarkan data dari BuiltWith.

Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal

Apa itu WordPress? 

WordPress adalah perangkat lunak open source yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web atau blog yang profesional. WordPress ini juga sama fungsi dan kegunaannya seperti Blogspot yaitu untuk kegiatan blogging yang menggunakan content management system (CMS) yang memang paling mudah dan fleksibel untuk pemula bahkan untuk yang profesional sekalipun untuk segala kepentingan dan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Sudah tepatkah Anda memilih WordPress?

Jika Anda memiliki sebuah bisnis atau perusahaan yang ingin meningkatkan kualitas dan jangkauan terhadap pelanggan atau konsumen Anda maka platform yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Kemudian jika Anda mencari alat yang mudah yang akan membantu Anda membangun situs web atau blog Anda sendiri tanpa harus belajar cara membuat kode, maka dengan menggunakan CMS dari WordPress ini. Dan, Anda akan menemukan bahwa WordPress ini sangat fleksibel untuk digunakan, dengan dukungan ribuan tema baik itu gratis maupun berbayar,  plugin, dan opsi dukungan untuk memastikan bahwa situs Anda akan terus tumbuh bersama Anda di masa depan.

Untuk WordPress sendiri memiliki dua macam yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Biasanya bagi pemula masih kebingungan membedakan keduanya. Apa perbedaan mendasar dari keduanya?

WordPress.com versi gratis dengan penyimpanan sampai 3 GB yang disediakan biasanya akan ada embel-embel (namasitus.wordpress.com) selain itu karena gratis pasti akan ada batasannya misalnya sangat minim plugin yang didapat bahkan tidak bisa upload plugin, tidak bisa menggunakan fitur eCommerce dan lain sebagainya.

Nah yang kedua ini yaitu WordPress.org platform ini open source dan tersedia secara gratis juga untuk Anda gunakan namun Jika Anda berencana untuk menyesuaikan situs Anda dengan menginstal tema premium atau plugin, atau Anda ingin memastikan Anda memiliki fleksibilitas yang terbaik, maka pasti akan menggunakan versi WordPress yang dihosting sendiri (self hosting), tersedia untuk diunduh dari WordPress.org. Kelebihannya adalah Anda akan memiliki kontrol penuh, domain dengan TLD (.com.net.id dll) dan tentunya masih banyak lagi.

Dari perbandingan keduanya adalah fitur yang bisa Anda dapatkan dari keduanya. Jika Anda memang ingin membuat blog personal saya kira WordPress.com cocok untuk Anda namun jika untuk sebuah perusahaan atau bisnis WordPress.org inilah yang sangat tepat, Anda cukup membeli hosting dan domain untuk keperluan lebih jauh nantinya.

Artikel terkait: 7 Cara untuk Membuat Blog Perusahaan Anda

Untuk memfokuskan pada pembahasan kali ini yaitu Plugin WordPress Terbaik maka tentu ini terkait dengan WordPress.org.

Salah satu alasan mengapa WordPress banyak yang menggunakan karena dengan dukungan plugin yang akan mengoptimalkan kinreja dari wibsite yang Anda miliki. Plugin ini jika Anda bisa memanfaatkan dengan baik maka akan sangat luarbiasa dan juga mudah untuk digunakan dan dipasang pada website Anda. Banyak para blogger pengguna WordPress ini mereka terus berinovasi berkreasi untuk membuat website yang mereka miliki semakin profesional dimata pemirsa maupun mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing dll. Selain itu para kreator plugin ini juga terus berkembang dari waktu ke waktu dan semakin berguna untuk pemilik website yang membuatnya lebih mudah digunakan untuk Anda dan pengunjung Anda. Nah berikut adalah 8 plugin populer yang terbaik yang akan membantu Anda mengoptimalkan situs web Anda.

1). SEO WordPress dari Yoast

SEO WordPress dari Yoast

SEO WordPress oleh Yoast

Banyak orang dulu yang berfikiran bahwa menerapkan dan Optimasi SEO itu adalah hal yang rumit dan sulit untuk dilakukan. Namun dengan adanya bantuan dari plugin yang satu ini, yaitu Yoast Anda dapat dengan mudah dan cepat untuk mengoptimalkan seperti frase kata kunci, judul SEO, dan deskripsi meta untuk halaman atau posting blog Anda!. Namun tentu saja hal ini tidak menjamin sepenuhnya dalam hasil pencarian Google, hal ini butuh waktu bagi Google untuk merayapi data Anda dan memperbarui peringkat SEO Anda. Akan tetapi dengan menggunakan plugin ini Anda dapat lebih mudah untuk memaksimalkan SEO situs Anda.

Fitur:

  • Page analysis
  • Element meta dan link
  • Sitemap XML
  • Breadcrumbs
  • Edit file .htaccess dan robot.txt
  • dll

2). WordPress Google Drive

WordPress Google Drive

Yang paling penting adalah keamanan  data dan informasi yang kita miliki jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya terhapus dan hilang. Tak perlu dikatakan lagi memang sangat penting untuk membuat cadangan file WordPress Anda. Dengan WP Google Drive, membuat cadangan file anda menjadi lebih nyaman – semua karena memang plugin yang satu ini sangat mudah dan nyaman digunakan dalam hal penyimpanan data.

3). Google Analytic Dashboard

Google Analytic Dashboard

Plugin Google Analytics WordPress ini memungkinkan Anda untuk melacak situs Anda menggunakan kode pelacakan Google Analytics terbaru dan memungkinkan Anda untuk melihat statistik kunci Google Analytics di instalasi WordPress Anda. Selain serangkaian statistik Google Analytics umum, laporan Laman, dan laporan Pos memungkinkan segmentasi lebih lanjut dari data analisis Anda, memberikan detail kinerja untuk setiap pos atau laman dari situs web Anda. Kode pelacakan Google Analytics sepenuhnya dapat disesuaikan melalui opsi dan kait,memungkinkan pengumpulan data lanjutan seperti dimensi dan acara khusus. Plugin ini akan memungkinkan Anda untuk melihat angka-angka lalu lintas real-time langsung dari WordPress itu sendiri tentu saja dengan fitur ini Anda dengan mudah memantau lalu lintas situs Anda.

4). Shareaholic

Shareaholic Bagikan tombol & kiriman terkait

Shareaholic Bagikan tombol & kiriman terkait

Ingin mendapatkan entri blog Anda agar diperhatikan? Unduh Shareholic! Ia bekerja dengan Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn dan bahkan Google+! Selain itu, desainnya yang ramping yang menyesuaikan templet website Anda, membantu blog Anda akan semakin banyak diperhatikan dan menonjol!. Dalam plugin Shareaholic ini termasuk konten terkait (related content) dan rekomendasi pos terkait (related post), tombol berbagi sosial, Google Analytics social data, dan berbagai opsi monetisasi iklan.

5). Thank Me Later

Thank Me Later

Saya yakin Anda telah menemukan situasi ketika Anda menerima email hanya beberapa detik setelah memposting komentar atau memberikan email Anda ke situs, yang semua orang bisa tahu bahwa itu jelas merupakan email yang dihasilkan secara otomatis. Dengan Thank Me Later, ucapan terima kasih Anda dan email tindak lanjut dapat lebih dipersonalisasi melalui kemampuan untuk menyesuaikan bidang tertentu. Bagian yang terbaik adalah, Anda bahkan dapat mengaturnya untuk mengirim surat setelah pendaftaran atau posting komentar. Ini akan memberikan sentuhan yang lebih pribadi ke pengunjung website melalui email yang diprogram untuk dikirim ke komentator dan pengunjung baru!.

6). Aksimet

Aksimet
Plugin Akismet WordPress

Apakah Anda terganggu dengan spam atau komentar iklan misalnya link aktif yang dibagikan pengunjung di kolom komentar Anda?.  Komentar spam ini biasanya komentar yang tidak sesuai dengan artikel website atau blog Anda. Maka dari itu Anda perlu plugin untuk menyaring spam komentar. Anda harus mengunduh Askimet, yang merupakan plugin WordPress yang menyaring komentar sampah tersebut ini akan menghemat waktu Anda karena tidak harus memoderasi semua komentar sendiri dan itu juga memberikan penyaringan yang lebih baik!

  Fitur:

  • Filter komentar spam
  • Menampilkan jumlah komentar disetujui
  • Database spammer yang lengkap

7). Contact Form 7

Contact Form 7
Formulir Kontak 7 Plugin WordPress

Ini adalah formulir kontak paling sederhana, paling fungsional, dan paling mudah untuk digunakan pada WordPress. Plugin ini sangat berguna dan menarik untuk di tambahkan, Anda dapat yakin bahwa spammer tersebut tidak akan menyalahgunakan formulir kontak Anda, karena ini bekerja dengan baik dengan Askimet (Point # 6) untuk membersihkannya! Bukankah itu luar biasa?. Contact Form 7 ini digunakan untuk mengelola lebih dari satu form kontak juga pada tampilan yang dapat di atur dan Anda pun bisa menambahkan fasilitas misalnya menambahkan fitur untuk mengirimkan file tertentu.

Fitur:

  • Upload File
  • reCaptcha
  • Integrasi Akismet
  • dll

8). JM Twitter Cards

JM Twitter Cards
Kartu Twitter JM – Plugin WordPress

Jika Anda tidak tahu apa itu Kartu Twitter, ini memungkinkan Anda untuk memasukkan media ke Tweet Anda. Mereka memungkinkan Anda untuk memasukkan gambar dan video dalam Tweet Anda dan menghubungkannya kembali ke konten asli di posting blog Anda. Ketika Anda mengeklik Tweet, ini akan menampilkan lebih banyak informasi tentang Tweet seperti judul, ringkasan pendek, gambar, serta akun Twitter dan tautan sumber. Ini dapat mengubah aliran Twitter Anda menjadi sesuatu yang lebih seperti Facebook atau Google+!

Baca juga:  Apa Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

Dengan Anda mengetahui cara memanfaatkan plugin WordPress maka website atau blog Anda kan semakin optimal pasti akan memberi Anda keunggulan dalam mendesain situs web bisnis ideal Anda. Dalam pembuatan website plugin-plugin ini akan sangat membantu Anda dalam memberikan performa yang terbaik untuk website yang Anda miliki. Sebenarnya masih banyak plugin WordPress yang bisa Anda manfaatkan tergantung kebutuhan Anda tentunya. Meski banyak pilihan plugin yang bisa Anda gunakan menentukan yang terbaik itulah yang terpenting karena memang terlalu banyak plugin yang tidak berguna akan memberatkan akses website Anda. Saya rasa beberapa daftar plugin WordPressyang saya utarakan diatas sudah bisa Anda gunakan untuk kegiatan optimasi website Anda.

Sekian pembahasan kali ini tentang Plugin WordPress Terbaik yang Anda Butuhkan dan Instal. Semoga artikel yang sedikit ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika ada kekurangan saya mohon maaf jika berkenan mau menambahi atau ingin berbagi dengan pengunjung yang lain silahkan berkomentar di bawah ini Terimakasih salam sukses untuk kita semua.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress
Top 5 Plugin WordPress Untuk Blogging Yang Harus Digunakan

Plugin WordPress Untuk Blogging Saat ini pengguna blog terus meningkat sejak banyaknya penyedia Blog yang memudahkan para pengguna semakin meningkat terlebih dengan adanya fasilitas yang bisa memberikan keuntungan bagi penggunanya. Bahakn perusahaan maupun personal dengan Blog ini akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Blog yang populer saat ini adalah blogspot dan …