Yuk kita Mengenal Apa itu Youtube Adsense

Yuk kita Mengenal Apa itu Youtube Adsense

Mengenal Apa itu Youtube Adsense

Sekarang ini mulai bermunculan fenomena beberapa orang ramai membuat akun Youtube untuk mendapatkan penghasilan. Kesuksesan para youtuber membuat banyak orang tergiur. Pasalnya, beberapa youtuber bisa menghasilkan 100 juta rupiah per bulan hanya dari channel Youtube yang dimilikinya. Lantas, sebenarnya yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa itu Youtube Adsense?

Mengenal Apa itu Youtube Adsense

Youtube Adsense merupakan kolaborasi dari dua layanan Google, yaitu Youtube.com dan pihak Google Adsense. Youtube sebagai salah satu layanan berbagi video berkolaborasi dengan Google Adsense. Selain menyedialan iklan untuk tampil di website, Google Adsense juga memperbolehkan publisher memasang iklan di video youtube.

Agar akun Youtube Adsense bisa mendulang rupiah, tentunya harus mendaftarkan akun Youtube ke Google Adsense. Jika semua persyaratan terpenuhi, Anda bisa menikmati penghasilan dari Youtube adsense.

Artikel terkait: Cara memaksimalkan Penghasilan Adsense Youtube

Penuhi Syarat Diterima Youtube Adsense

Sekarang ini, pihak Youtube lebih memperketat aturan monetisasi penayangan iklan. Hal ini karena berbagai video yang terlebih dahulu tayang menampilkan video yang tidak kurang layak. Adanya perubahan aturan ini tentunya harus dipatuhi sebelum Anda mendaftarkan akun Youtube untuk dimonetisasi.

Syarat awal agar akun Youtube diterima oleh pihak adsense adalah yang harus memiliki kriteria setidaknya dalam 12 bulan telah mencapai 4.000 jam waktu tonton. Selain itu, akun Youtube juga sudah memiliki 1.000 subscriber. Jika kedua syarat tersebut sudah dipenuhi, Anda bisa mendaftarkan akun youtub e dan menikmati penghasilan bulanan dari Youtube Adsense.

Penghasilan dari Youtube Adsense

Jangan anggap remeh penghasilan dari Youtube adsense. Penghasilan yang cukup menggiurkan dalam Youtube bisa membantu Anda dalam hal meningkatkan penghasilan. Bahkan, ada yang menjadikan Youtube sebagai ladang utama dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hal pertama yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu adalah tentang apa itu Youtube Adsense dan berapa penghasilannya.

Penghasilan dari iklan yang tayang di Youtube bukan 100% milik publisher, tetapi ada sebuah bagi hasil antara pihak Youtube dan publisher. Biasanya bagi hasil 45% untuk pihak Youtube dan 55% untuk pihak publisher. Penghasilan dari Youtube bisa dihitung berdasarkan CPM (Cost per Miles) atau jumlah penghasilan dihitung berdasarkan jumlah tayang tiap 1.000 viewers.

Selain dari jumlah viewers, penghasilan Youtube adsense juga ditentukan oleh jumlah subscribers, jumlah klik iklan, dan jenis iklan. Jumlah viewers sangat berpengaruh dalam perhitungan penghasilan. Dalam penghitungannya digunakan nilai RPM (Revenue per Thousand Impressions). Nilai RPM dihitung berdasarkan tiap 1.000 viewers dengan nilai 0.13-0.30 USD.

Diasumsikan dalam 1.000.000 viewers akan menghasilkan pendapatan sebesar USD150. Jika dirupiahkan mencapai nilai Rp2.100.000,-. Sebuah pencapaian fantastis untuk 1 video yang diunggah.

Pencapaian tersebut akan semakin terasa jika jumlah subscribers lebih banyak, sehingga akan meningkatkan peluang untuk lebih banyak ditonton. Membuat konten yang berkualitas akan meningkatkan jumlah subscribers dan viewers yang akan berpengaruh pada jumlah klik iklan dari para viewers. Jika hal ini bisa optimal, bukan tidak mungkin Anda bisa meraup untung dari youtube.

Baca juga: Persyaratan Terbaru untuk Menghasilkan Uang dari Google AdSense YouTube

Jenis Iklan yang Menghasilkan Keuntungan Terbanyak

Jenis iklan akan sangat berpengaruh pada jumlah penghasilan dari Youtube adsense. Beberapa jenis iklan seperti non skippable in stream ads, trueView in stream ads, dan overlay in video ads akan menambah penghasilan dari tiap iklan yang tayang.

Non skippable in stream ads merupakan jenis iklan yang memghasilan pendapatan terbanyak. Iklan ini tidak bisa diskip dan berada di awal, tengah, ataupun akhir video. Karena tak dapat diskip, viewers mau tak mau harus menonton iklan yang berdurasi sekitar 15-20 detik.

TrueView in stream ads merupakan jenis iklan yang bisa diskip setelah ditonton selama 5 detik. Viewers juga bisa memilih opsi untuk melanjutkan menonton iklan atau memilih memberhentikan iklan setelah 5 detik.

Sedangkan overlay in video ads merupakan sebuah iklan yang berupa hamparan transparan yang muncul di bagian bawah video. Iklan ini biasanya muncul pada detik ke-15 dan dapat ditutup jika viewers tidak menghendakinya. Untuk menghitung penghasilan dari jenis iklan ini adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan tersebut.

Apakah Anda juga tergiur dengan penghasilan dari Youtube Adsense? Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu Youtube Adsense. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.